Hubungan Pola Asuh Ibu Dan Pengetahuan Gizi Ibu Dengan Status Gizi Anak Balita Di Puskesmas Air Dingin Dan Puskesmas Anak Air Kota Padang Tahun 2019.

Mesa, Putri Shalmah (2019) Hubungan Pola Asuh Ibu Dan Pengetahuan Gizi Ibu Dengan Status Gizi Anak Balita Di Puskesmas Air Dingin Dan Puskesmas Anak Air Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup (Kesimpulan/Saran))
PENUTUP FIX.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
Mesa Putri Shalmah_1511211001 skripsi fix watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitan Tahun 2017 di Kota Padang kejadian gizi kurang sebesar 2.39%, pendek 20.05%, dan anak balita kurus 6.27%. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan variabel independen (pola asuh makan, pola asuh kesehatan, pola asuh kebersihan, pola asuh psikososial dan pengetahuan gizi ibu) terhadap variabel dependen (status gizi balita). Metode Penelitian ini menggunakan desain cross sectional yang dilakukan pada bulan September 2018 sampai dengan Juni 2019. Populasinya adalah anak balita di wilayah kerja Puskesmas Air Dingin dan Puskesmas Anak Air dengan sampel 113 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data analisis dengan uji statistik Chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil Hasil penelitian didapatkan prevalensi status gizi kurang sebesar (30.1%), status gizi pendek sebesar (33.6%), dan prevalensi status gizi kurus sebesar (9.7%). Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh makan, pola asuh kesehatan, pola asuh kebersihan, pola asuh psikososial, dan pengetahuan gizi ibu dengan status gizi balita dengan nilai p < 0.05. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh kesehatan dan pola asuh psikosoial dengan status gizi anak balita dengan indeks (BB/TB) dengan nilai p > 005. Didapatkan variabel yang paling dominan didalam penelitian ini berdasarkan indeks (BB/U) yaitu pola asuh makan dengan nilai p = 0.003. Kesimpulan Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh makan, pola asuh kesehatan, pola asuh kebersihan, pola asuh psikososial, dan pengetahuan gizi ibu dengan status gizi anak balita. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh kesehatan dan pola asuh psikososial dengan status gizi anak balita berdasarkan indeks (BB/TB). Diharapkan kepada puskesmas agar lebih ditingkatkan promosi kesehatan terkhusus kepada ibu balita. Daftar Pustaka : 90 (2006-2019) Kata Kunci : status gizi balita, pola asuh ibu, pengetahuan gizi ibu

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2019 10:41
Last Modified: 26 Jul 2019 10:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48544

Actions (login required)

View Item View Item