HUBUNGAN LAMA PEMBERIAN ASI DENGAN TINGKAT KEPARAHAN KARIES PADA ANAK USIA 1-2 TAHUN DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Dilla, Azana Fitri (2019) HUBUNGAN LAMA PEMBERIAN ASI DENGAN TINGKAT KEPARAHAN KARIES PADA ANAK USIA 1-2 TAHUN DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/kesimpulan))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Early Childhood Caries (ECC) menggambarkan kerusakan gigi yang terjadi pada gigi desidui. ECC merupakan masalah yang signifikan di negara berkembang, karena diperburuk oleh rendahnya status sosial ekonomi dan malnutrisi. Faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya karies pada gigi desidui yaitu mengonsumsi susu pada malam hari dan pemberian ASI yang berkepanjangan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan lama pemberian ASI dengan tingkat keparahan karies pada anak usia 1-2 tahun di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Jumlah responden penelitian 45 anak usia 1-2 tahun yang berada di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Andalas. Semua permukaan gigi dievaluasi dan dihitung skor masing-masing gigi menggunakan caries severity index. Skor rata-rata pada penelitian ini didapatkan 1.22 dan dikelompokan menjadi tiga kategori. Skor 0 untuk tidak karies, skor 0 < n< 1.22 karies ringan dan skor ≥ 1.22 karies berat. Analisis data tentang hubungan lama pemberian ASI dengan tingkat keparahan karies dilakukan dengan uji statistik chi square. Hasil: Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna (p<0,05) pada lama pemberian ASI dengan tingkat keparahan karies pada anak usia1-2 tahun. Kesimpulan: ASI memiliki banyak manfaat bagi anak, namun pemberian ASI dalam waktu yang lama dan dengan cara yang salah seperti pemberian ASI di malam hari hingga anak tidur tanpa dibersihkan dapat meningkatkan risiko karies pada anak. Kata kunci: ASI, Caries Severity Index, Early Childhood Caries.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drg. Hidayati, M.KM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 26 Jul 2019 10:20
Last Modified: 26 Jul 2019 10:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48510

Actions (login required)

View Item View Item