Uffa, Zahwa (2024) STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA TANAMAN ANGGREK (STUDI KASUS DI ORCHID HOUSE KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG). S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (576kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (309kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Orchid House Padang dihadapkan pada permasalahan utama yaitu volume penjualan yang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eskternal pada usaha tanaman anggrek di Orchid House berdasarkan strategi pemasarannya dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan di Orchid House. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan alat analisis berupa matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai matriks IFE yaitu sebesar 2,67 dan nilai matriks EFE yaitu sebesar 3,16. Untuk itu dirumuskan alternatif strategi sebagai berikut: (1) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas tanaman anggrek dengan menggunakan bibit yang berkualitas (2) Menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan platform media sosial dan secara aktif mengikuti dalam berbagai event atau pameran anggrek (3) Memanfaatkan tenaga kerja yang berpengalaman dalam bidang pemasaran serta memberikan tenaga kerja pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam budidaya anggrek (4) Memonitor perkembangan pemasaran anggrek dengan melakukan riset pasar terhadap harga, dan kualitas produk agar mampu bersaing di pasar (5) Menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah untuk memperkuat usaha di pasar lokal (6) Mengoptimalkan promosi secara offline dan online agar meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen terhadap tanaman anggrek di Orchid House. Strategi yang menjadi prioritas utama adalah strategi 2 yaitu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan platform media sosial dan secara aktif mengikuti dalam berbagai event atau pameran anggrek dengan STAS sebesar 6,78.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Rahmat Syahni Z., MS, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | anggrek, faktor internal, faktor eksternal, strategi pemasaran |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:38 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/484281 |
Actions (login required)
View Item |