HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN PRAKTEK MAKAN PAGI SISWA SERTA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V SD DI KECAMATAN LIMBUR LUBUK MENGKUANG KABUPATEN BUNGO TAHUN 2019

HUDA, MIFTAKHUL (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN PRAKTEK MAKAN PAGI SISWA SERTA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V SD DI KECAMATAN LIMBUR LUBUK MENGKUANG KABUPATEN BUNGO TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Meskipun anggaran pendidikan di Indonesia sudah besar, namun prestasi belajarnya masih rendah. Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang belum mampu masuk 10 besar peringkat nilai ujian nasional tertinggi di Kabupaten Bungo. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan gizi dan praktek makan pagi siswa serta dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV dan V SD di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Tahun 2019.Penelitian di lakukan di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang dengan metode kuantitatif melalui pendekatan cross sectional. Pelaksanaannya pada Bulan Februari hingga Juli 2018. Populasi adalah siswa kelas IV dan V SD di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden yang dipilih secara random sampling. Data di analisis secara univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 59,4% responden mempunyai prestasi belajar yang baik, 54,2% siswa mempunyai pengetahuan gizi rendah, 64,6% sering makan pagi, 74% mendapat dukungan orang tua, dan 81,3% mempunyai status gizi normal. Variabel yang memiliki hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar adalah praktek makan pagi (p=0,007), dukungan orang tua (p=0,022) dan status gizi (p=0.013). Praktek makan pagi, dukungan orang tua dan status gizi mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas IV dan V SD di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. Diharapkan kepada orang tua selalu memastikan anaknya untuk makan pagi, meningkatkan dukungan terkait instrument, serta selalu memonitoring status gizi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Denas Syimond, MCN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2019 10:30
Last Modified: 26 Jul 2019 10:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48394

Actions (login required)

View Item View Item