Busnia, Adib Isra Mudrah (2024) Strategi Manajemen Lalu Lintas di Kawasan Pantai Gandoriah Pariaman. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (913kB) |
|
Text (bab 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab v)
3. BAB akhir.pdf - Published Version Download (756kB) |
|
Text (daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (605kB) |
|
Text (Skripsi full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Daya tarik pariwisata di Kota Pariaman sangat tinggi bagi wisatawan lokal maupun asing. Salah satu kawasan wisata yang terkanal di Kota Pariaman yaitu Pantai Gandoriah. Berdasarkan data yang didapat dari BPS Kota Pariaman, jumlah wisatawan yang berkunjung pada tahun 2020 yaitu sebanyak 112.278 orang. Pada tahun 2021 jumlah wisatawan naik menjadi 255.561 orang. Peningkatan kunjungan wisatawan dapat menyebabkan peningkatan volume lalu lintas, yang mana dapat menimbulkan kemacetan, ketidaknyamanan, serta dapat membahayakan keselamatan. Maka dari itu perlu di identifikasi masalah lalu lintas apa saja yang terjadi di kawasan wisata Pantai Gandoriah Pariaman dan dicarikan solusi manajemen lalu lintas yang tepat untuk permasalahan yang ada. Metodologi dari penelitian ini adalah dengan melakukan analisis kinerja lalu lintas pada kawasan Pantai Gandoriah dengan indikator V/C rasio, kecepatan, kepadatan, dan tingkat pelayanan jalan. Analisis dilakukan dengan menganalisa data yang didapat di lapangan dan mengelompokkan masalah yang ada serta memecahkan masalah lalu lintas dengan tepat berdasarkan pedoman yang ada. Selanjutnya dilakukan juga analisa terhadap kapasitas lahan parkir yang tersedia dan parkir on street serta melakukan analisa terhadap fasilitas pejalan kaki. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa penanganan yang terbaik pada kawasan Pantai Gandoriah ini untuk masalah kinerja jaringan jalan, penanganan yang tepat yaitu dengan menertibkan pedagang kaki lima, pemberian rambu dilarang berhenti, dan pemberian pembatas trotoar. Untuk penanganan masalah parkir yaitu melakukan penataan parkir dengan memindahkan parkir on street dan pembatasan jam parkir. Sedangkan penanganan untuk masalah fasilitas pejalan kaki yaitu membangun ulang dan memperlebar trotoar serta pengadaan fasilitas penyeberangan yang layak bagi pejalan kaki.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir. Purnawan, M.T., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | kinerja jaringan Jalan; Pejalan kaki; Parkir |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 10:40 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 01:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483142 |
Actions (login required)
View Item |