Yulia, Melza (2024) PERILAKU MENGAJAR GURU DALAM KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT Studi: SMA N 10 Padang dan SMA N 15 Padang. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1)
2. bab 1.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB Akhir)
3. bab akhir.pdf Download (66kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. daftar pustaka.pdf Download (99kB) |
|
Text (Tugas Tesis Full)
5. tugas akhir utuh (yulia melza).pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemerintah menerapkan kebijakan PPDB sistem zonasi sekolah khususnya pada tingkat SMA di Provinsi Sumatera Barat. Kebijakan PPDB sistem zonasi ini bertujuan untuk pemeratan pendidikan ini mengutamakan jarak tempat tinggal dan menghilangkan status sekolah unggul yang difavoritkan masyarakat karena peseta didiknya bersifat homogen kemampuan akademiknya dan sekolah tidak favorit dengan peserta didiknya berkemampuan akademik tidak tinggi. Fenomena ini tentu menjadikan semua elemen disekolah beradaptasi terutama guru. Sebelumnya guru mengajar dengan peserta didik yang homogen kemampuan akademiknya setelah sistem zonasi kemampuan akademik peserta didik heterogen. Teori yang digunakan ialah teori tindakan sosial Weber. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perilaku mengajar guru dalam kebijakan PPDB sistem zonasi dan menjelaskan strategi perubahan perilaku guru dalam mengajar. Penelitian ini pendekatannya kualitatif dengan tipe deskriptif. Mendapatkan data dengan wawancara mendalam dan studi dokumen.Menentukan informan digunakan tekhnik purposive sampling. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pemerintah menerapkan kebijakan PPDB sistem zonasi menjadikan guru melakukan tindakan sosial perubahan perilaku mengajar mencakup keempat tipe tindakan sosial yaitu rasional instrumental, nilai, afektif dan tradisonal. Hal ini disebabkan kemampuan akademik peserta didik jalur zonasi heterogen, tanggung jawab tugas dan sebagai pendidik, mempertahankan prestasi sekolah dan untuk meningkatkan prestasi mengajar guru itu sendiri. Untuk hal tersebut guru memilih strategi pembelajaran yang tepat berupaya mendapatakan ilmu baru dengan belajar lagi yaitu mengikuti pelatihan dilingkungan sekolah, pertemuan MGMP, pelatihan online dengan aplikasi dan youtube, dan merubah strategi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Damsar, MA. Dr. Maihasni, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan Sistem Zonasi, Perilaku Mengajar Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Sosiologi |
Depositing User: | s2 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/482972 |
Actions (login required)
View Item |