Alvionika, Vinny (2024) Kinerja Parkiran Gedung G dan H Universitas Andalas Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (Bab 5 (Kesimpulan))
BAB akhir (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version Download (81kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (93kB) |
|
Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (25MB) | Request a copy |
Abstract
Tahun 2023 Universitas Andalas mengalami peningkatan jumlah mahasiswa. Dimana pada tahun 2023 Universitas Andalas telah memiliki 34234 mahasiswa. Dengan banyaknya mahasiswa yang ada, maka penggunaan kendaraan pribadi juga menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu, pelayanan fasilitas parkir menjadi sangat penting. Dibutuhkan fasilitas parkir yang aman, nyaman dan memadai bagi kendaraan untuk parkir. Faktanya di parkiran gedung G dan H Universitas Andalas sering terjadi over capacity. Sehingga timbul berbagai permasalahan parkir seperti kendaraan parkir pada sembarangan tempat, parkir berdesakkan, dll. Untuk itu, dibutuhkan peninjauan kembali terkait kondisi parkir Universitas Andalas, khususnya parkiran gedung G dan H. Fokus dari penelitian ini yaitu kinerja parkiran gedung G yang merupakan parkiran khusus kendaraan sepeda motor dan parkiran gedung H yang merupakan parkiran khusus kendaraan mobil penumpang. Data penelitian didapat dari survey lapangan pada Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 07.00 – 18.00 WIB. Berdasarkan hasil analisis data tersebut didapatkan bahwa volume kendaraan parkir pada parkiran gedung G yaitu 2796 kendaraan dan volume kendaraan parkir pada parkiran gedung H yaitu 170 kendaraan. Titik akumulasi maksimum kendaraan parkir pada parkiran gedung G terjadi pada periode 09.01-09.30 WIB yakni sebanyak 863 kendaraan. Sedangkan titik akumulasi maksimum pada area gedung H terjadi pada periode 09.31 – 10.00 WIB sebanyak 49 kendaraan. Jumlah akumulasi maksimum ini melebihi kapasitas ruang parkir yang tersedia yakni sebanyak 787 kendaraan pada parkiran gedung G dan 39 kendaraan pada parkiran bersama H. Durasi parkir kendaraan pada parkiran gedung G dan H dikategorikan pada parkir jangka menengah karena kendaraan paling banyak parkir dengan durasi 1-4 jam. Parkiran gedung G memiliki nilai PTO 3.55 dan indeks parkir 109.66 % sedangkan parkiran gedung H memiliki nilai PTO 4.36 dan indeks parkir 125.64 %. Kapasitas parkir yang dihasilkan dari simulasi kapasitas variasi pola parkir pada gedung G yaitu 432 SRP untuk pola parkir sudut 30˚, 622 SRP untuk pola parkir sudut 45˚, 662 SRP untuk pola parkir sudut 60˚ dan 801 SRP untuk pola parkir sudut 90˚. Sedangkan kapasitas parkir yang dihasilkan dari simulasi kapasitas variasi pola parkir pada gedung H yaitu 22 SRP untuk pola parkir sudut 30˚, 30 SRP untuk pola parkir sudut 45˚, 38 SRP untuk pola parkir sudut 60˚ dan 47 SRP untuk pola parkir sudut 90˚.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Yossyafra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Parkiran; Gedung G dan H; Universitas Andalas; Parkir; Pola Parkir |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 09:11 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/482649 |
Actions (login required)
View Item |