Komunikasi Pemasaran Gerai Prabumi dalam Membangun Brand Awareness Produk Ramah Lingkungan

Nabila Yuranda, Aura (2024) Komunikasi Pemasaran Gerai Prabumi dalam Membangun Brand Awareness Produk Ramah Lingkungan. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
FIX BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5 bener Aura-pages-2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus fix aura.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full teks bener Aura.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jumlah sampah terus mengalami peningkatan di Kota Padang sebagai akibat dari tingginya konsumsi produk sekali pakai. Permasalahan tersebut membuat Gerai Prabumi hadir di Kota Padang sebagai toko ramah lingkungan yang diharapkan dapat menekan jumlah timbulan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi pemasaran yang dilakukan Gerai Prabumi dalam membangun brand awareness pada produk ramah lingkungan dan menganalisis komunikasi pemasaran yang dilakukan Gerai Prabumi dalam membangun brand awareness pada produk ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubermen yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Peneliti melakukan analisis dengan menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yang terdiri dari delapan elemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerai Prabumi telah menerapkan kegiatan komunikasi pemasaran yakni Prabumi Sustain Market, publikasi media massa, kolaborasi event, pemanfaatan media sosial, creative worskshop, dan edukasi produk ramah lingkungan. Selanjutnya, lima elemen dari teori Integrated Marketing Communication (IMC) dalam membangun brand awareness telah diterapkan oleh Gerai Prabumi yakni event & experience, word of mouth, interactive marketing, personal selling, dan public relations.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Produk Ramah Lingkungan, Gerai Prabumi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:03
Last Modified: 08 Nov 2024 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/482254

Actions (login required)

View Item View Item