Implementasi Komunikasi Kesehatan Pada Instalasi Promosi Kesehatan di RSUP DR.M.Djamil Padang (Studi Deskriptif Promosi Kesehatan Dalam Menanggulangi Penyakit TB dan HIV/AIDS)

Meldia, Syaputri (2019) Implementasi Komunikasi Kesehatan Pada Instalasi Promosi Kesehatan di RSUP DR.M.Djamil Padang (Studi Deskriptif Promosi Kesehatan Dalam Menanggulangi Penyakit TB dan HIV/AIDS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Komunikasi Kesehatan Pada Instalasi Promosi Kesehatan di RSUP Dr.M.Djamil Padang (Studi Deskriptif Promosi Kesehatan Dalam Menanggulangi Penyakit TB dan HIV/AIDS) Oleh : Meldia Syaputri 1510861025 Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M.Si Novi Elian, M.Si Peningkatan berbagai kasus kesehatan disebabkan oleh kurangnya informasi kesehatan. Sehingga, komunikasi menjadi salah satu cara yang digunakan dalam menyebarluaskan informasi tersebut. Komunikasi yang berkaitan dengan penyebarluasan informasi kesehatan disebut dengan komunikasi kesehatan, salah satunya yaitu promosi kesehatan. Peningkatan kasus-kasus kesehatan, seperti HIV dan TB terjadi karena kurangnya informasi kesehatan yang didapatkan masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses komunikasi promosi kesehatan di RSUP Dr. M.Djamil Padang, serta mengetahui hambatan dan strategi dalam mempromosikan kesehatan khususnya penyakit TB dan HIV/AIDS. Metode penelitian ini adalah deskriptif- kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai instalasi promosi kesehatan yang bertanggung jawab dalam setiap promosi kesehatan, kemudian penelitian ini dianalisis dengan teknik miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUP Dr. M. Djamil Padang telah melaksanakan proses promosi kesehatan, namun perbedaannya hanya terletak pada bagian pelaksanaan. Proses komunikasi yang telah dilaksanakan oleh instalasi promosi kesehatan dalam menanggulangi penyakit HIV/AIDS ataupun TB meliputi pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi telah dilaksanakan. Promosi kesehatan penyakit HIV/AIDS di RSUP Dr.M.Djamil lebihkuat pada ruang lingkup pengobatan dan rehabilitasi, sedangkan TB pada ruang lingkup pencegahan. Unsur komunikasi pada model komunikasi verbal Gerbner terdapat dalam proses tersebut dengan tahapan yang berbeda. Hambatan komunikasi dalam promosi kesehatan terjadi karena kurangnya koordinasi antara para PPA dengan instalasi promkes, sehingga seringkali promosi kesehatan tersebut tidak terlaksana sesuai dengan jadwal yang ditentukan, selain itu hambatan promosi kesehatan juga disebabkan oleh psikologis pasien. Promosi kesehatan di RSUP Dr.M.Djamil Padang dilaksanakan dengan berbagai strategi, diantaranya dengan strategi pendekatan kepada pimpinan, pemberdayaan, serta bina suasana. Namun, dari ketiga tersebut, strategi bina suasana melalui LCD tidak dilaksanakan dengan maksimal, sebab banyak LCD yang tidak digunakan sebagai media edukasi promosi kesehatan. Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Instalasi Promosi Kesehatan, RSUP Dr.M.Djamil Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Jul 2019 15:39
Last Modified: 25 Jul 2019 15:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48202

Actions (login required)

View Item View Item