Kesuma, Muhammad Ryan Nata (2024) Aktivitas Komunikasi Lobby Inc Dalam Upaya Membangun Loyalitas Customer Sebagai Event Organizer Otomotif. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Judul dan Abstrak)
JUDUL DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULIUAN.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version Download (60kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saat era globalisasi ini, persaingan di industri kreatif menuntut perusahaan untuk menggunakan strategi komunikasi yang tepat guna mempertahankan dan membangun citra positif serta loyalitas pelanggan. Studi ini berfokus pada Lobby Inc, sebuah perusahaan Event Organizer yang spesialis di bidang otomotif, dan strategi komunikasi yang digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan. Lobby Inc menggunakan berbagai aktivitas komunikasi, terutama penjualan personal, pemasaran kreatif, dan promosi melalui media sosial untuk menjalin hubungan kuat dengan pelanggan dan mitra bisnisnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas komunikasi serta hambatan komunikasi Lobby Inc dalam pembentukan Loyalitas Customer sebagai Event Organizer otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian dengan Teori Model Berlo. Penelitian ini dilakukan sekitar bulan Januari sampai Mei 2024 dengan informan dari pihak Lobby Inc dan customer tetap. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lobby Inc sebagai Event Organizer otomotif berhasil membangun loyalitas pelanggan melalui aktivitas komunikasi yang komprehensif. Perusahaan ini menunjukkan keterampilan komunikasi yang tinggi, sikap ramah, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan, serta menggunakan berbagai saluran komunikasi seperti pertemuan tatap muka, telepon, email, dan media sosial, dengan mempertimbangkan preferensi dan budaya pelanggan. Keberhasilan komunikasi mereka tidak hanya terletak pada penyampaian pesan, tetapi juga pada penerimaan dan pemahaman pelanggan, dengan faktor-faktor seperti kepuasan, kepercayaan, ikatan emosional, dan pengalaman positif yang sangat berperan dalam membangun loyalitas pelanggan terhadap Lobby Inc. Meskipun menghadapi berbagai hambatan komunikasi, termasuk persaingan ketat, keterbatasan sumber daya, kesulitan menyampaikan pesan yang jelas kepada audiens beragam, serta kendala bahasa dan perbedaan waktu dalam komunikasi online, perusahaan ini tetap berhasil mencapai kepuasan pelanggan yang tinggi melalui pelayanan yang baik, komunikasi yang efektif, dan respon cepat terhadap masalah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ernita Arif, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Communication Activities, Customers, Events,and Loyalty. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 02:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481948 |
Actions (login required)
View Item |