Siti, Annisa Rinaldi (2024) Aktivitas Komunikasi Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam Mempromosikan Desa Wisata Muntei. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (214kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version Download (154kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pariwisata menjadi salah satu sektor kunci dalam meningkatkan devisa negara. Perkembangan pariwisata saat ini terus dilakukan dengan mengembangkan bentuk pariwisata di daerah perdesaan atau saat ini lebih dikenal dengan desa wisata. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu daerah yang terletak di Sumatera Barat yang terkenal dengan wisata baharinya yaitu ombak. Namun, tidak hanya memiliki ombak sebagai destinasi wisata mancanegara, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga memiliki desa yang menawarkan wisata budaya yaitu Desa Wisata Muntei. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi Desa Wisata Muntei sebagai destinasi wisata budaya Kabupaten Kepulauan Mentawai dan menganalisis bagaimana aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam mempromosikan desa wisata ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis dengan metode Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran terpadu oleh Shimp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi wisata yang ada di Desa Wisata Muntei terus dikembangkan, produk wisata yang ditawarkan kepada wisatawan sudah ada dan infrastruktur untuk menerima wisatawan juga sudah ada. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam aktivitas komunikasi yang dilakukan Disparpora dan penggiat budaya Desa Wisata Muntei sudah mengaplikasikan elemen komunikasi pemasaran terpadu untuk mempromosikan Desa Wisata Muntei di antaranya adalah periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, pemasaran interaktif, dan hubungan masyarakat. Namun dalam pengaplikasian elemen komunikasi pemasaran terpadu ini masih belum maksimal lantaran kurangnya ketersediaan sumber daya manusia dan fasilitas yang mumpuni untuk mengelola sistus dan media sosial resmi dari Disparpora ataupun Desa Wisata Muntei.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sarmiati, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Komunikasi, Promosi, Desa Wisata, Desa Wisata Muntei, Kabupaten Kepulauan Mentawai |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:23 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481711 |
Actions (login required)
View Item |