Perancangan Sistem Peringatan Dan Pendeteksi Tabrakan Pada Kendaraan Roda Empat Berbasis Teknologi Internet of Things (IoT)

Nurhidayatullah, Halis (2019) Perancangan Sistem Peringatan Dan Pendeteksi Tabrakan Pada Kendaraan Roda Empat Berbasis Teknologi Internet of Things (IoT). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
COVER_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Nurhidayatullah Halis 1210451002)
SKRIPSI_NURHIDAYATULLAH HALIS_1210451002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Transportasi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Meningkatnya jumlah kendaraan pribadi dan angkutan umum tentu akan menambah masalah lalu lintas yang terjadi seperti kemacetan, bahkan kecelakaan. Kecelakaan dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kondisi jalan yang licin, kondisi tubuh pengemudi, kondisi kendaraan, ketidakpatuhan terhadap rambu-rambu lalu lintas, dan kelalaian pengemudi. Kelalaian pengemudi di sini merupakan faktor utama terjadinya kecelakaan seperti tidak menerapkan jarak yang aman saat berkendara, sehingga kemungkinan tabrakan meningkat. Kondisi ini mendorong penulis untuk membuat peringatan jarak aman dan sistem deteksi tabrakan pada kendaraan roda empat untuk mencegah tabrakan dan jika tabrakan masih terjadi dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk informasi tabrakan untuk mencapai penanggap darurat, yang diharapkan dapat mengurangi korban karena keterlambatan penanganan pasca kecelakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa alat ini dapat memberikan pemberitahuan kepada pengemudi yang melewati batas jarak aman kendaraan dan mendeteksi tabrakan pada kendaraan roda empat dan mengirimkan informasi tabrakan kepada penanggap darurat. Kata kunci: Tabrakan, Kendaraan, Jarak Aman, penanggap darurat

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: DODY ICHWANA PUTRA, MT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 25 Jul 2019 14:22
Last Modified: 25 Jul 2019 14:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48026

Actions (login required)

View Item View Item