Shelvira, Andini (2024) Strategi Pengembangan Bisnis Pabrik Tahu Museum Goedang Ransoem di Kota Sawahlunto. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Shelvira Andini_2010937001.pdf - Published Version Download (340kB) |
|
Text (Bab I)
Bab I Pendahuluan Shelvira Andini_2010937001.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (Bab VI)
Bab Penutup (VI) Shelvira Andini_2010937001.pdf - Published Version Download (121kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Shelvira Andini_2010937001.pdf - Published Version Download (121kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Full Text Skripsi Shelvira Andini_2010937001.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Industri Kecil Menengah Pabrik Tahu Museum Goedang Ransoem merupakan salah satu IKM di Kota Sawahlunto yang berlokasi di belakang gedung museum, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Pabrik Tahu ini memiliki cukup banyak pesaing yang bergerak di usaha tahu di Kota Sawahlunto yakni sebanyak 10 pesaing, IKM ini juga mengalami fluktuasi pada jumlah produksi, selain itu promosi dan pemasaran yang dilakukan oleh IKM ini masih belum optimal sehingga IKM ini perlu meningkatkan jumlah produksi, promosi, dan memperluas area pemasaran produk. Selain itu, perbandingan supply dan demand produk tahu pada masyarakat Kota Sawahlunto menunjukkan nilai kebutuhan yang lebih tinggi dibandingkan supply produk tahu sehingga Pabrik Tahu useum Goedang Ransoem masih memiliki kesempatan dalam meningkatkan kapasitas produksinya. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan strategi bisnis yang tepat agar IKM ini dapat meningkat dan mengembangkan bisnisnya. Tahapan pada penelitian ini yaitu pembuatan Business Model Canvas saat ini Selanjutnya, dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikombinasikan dengan analisis SWOT. Kemudian dilakukan tahap perumusan strategi dengan tiga tahapan, yaitu tahap input matriks IFE dan matriks EFE, tahap pencocokan matriks SWOT dan matriks IE dan yang terakhir yaitu tahap keputusan dengan QSPM. Pada tahap ini didapatkan rekomendasi strategi yang paling tepat. Strategi tersebut digambarkan ke dalam Business Model Canvas usulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada Pabrik Tahu Museum Goedang Ransoem, posisi IKM ini pada sel II (matriks IE) yang menunjukkan bahwa IKM dalam keadaan tumbuh dan membangun. Berdasarkan tahap keputusan diperoleh strategi utama yang dapat dilakukan IKM ini adalah strategi intensif antara lain mendirikan kios yang mudah dijangkau oleh konsumen, menjaga dan meningkatkan kualitas produk, memperluas area pemasaran, meningkatkan kapasitas produksi, optimalisasi efisiensi produksi untuk mengurangi biaya, penguatan saluran pemasaran melalui media online dan promosi besar-besaran, melakukan promosi melalui pemanfaatan teknologi informasi, pengoptimalan biaya untuk meningkatkan efisiensi operasional, branding dan pemasaran, peningkatan layanan cepat dan tepat waktu, promosi yang efisien, menawarkan program diskon dan promosi khusus bagi pelanggan tetap, menetapkan pemesanan dan pembayaran di awal, optimisasi biaya operasional dan produksi untuk menjaga efisiensi dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil, dan peningkatan penguasaan pasar lokal untuk menghadapi ancaman pesaing substitusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir. Taufik, M.T |
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Business Model Canvas, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480223 |
Actions (login required)
View Item |