Ningdia, Adisti (2024) Analisis Penyelesaian Klaim BPJS Rawat Inap Berbasis Lean Hospital fi RSIA Mutiara Bunda Padang. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (242kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (64kB) |
|
Text (Bab Akhir Kesimpulan)
BAB AKHIR (KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (96kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
TUGAS AKHIR ILMIAH (TESIS).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen klaim Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan menjadi prioritas bagi RSIA Mutiara Bunda untuk memastikan bukti-bukti pendukung klaim dapat diselesaikan secara lengkap, benar dan tepat waktu sehingga cashflow rumah sakit dapat berjalan dengan lancar. Namun pada penelitian pendahuluan ditemukan 99% berkas rekam medis tidak sesuai dengan standar pengembalian berkas 2x24 jam dan tidak sesuai dengan batas waktu penyelesaian klaim yang ditetapkan oleh rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis serta memberikan usulan perbaikan berbasis Lean Hospital terhadap mutu penyelesaian klaim BPJS rawat inap di RSIA Mutiara Bunda. Penelitian berupa mix-method sequential exploratory, diawali dengan observasi dan wawancara untuk mengidentifikasi aktivitas yang bernilai guna (Value-Added), yang tidak bernilai guna (Non Value-Added), dan yang tidak bernilai guna namun masih dibutuhkan (Necessary Non Value-Added) pada proses penyelesaian klaim BPJS rawat inap di RSIA Mutiara Bunda Padang. Penelitian dilanjutkan dengan penghitungan lead time, cycle time dan waiting time serta menghitung Value Added Ratio (VAR), yang disajikan pada Value Stream Mapping (VSM) – current state. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mencari akar permasalahan dan usulan perbaikan sebagai redesain dalam bentuk Value Stream Mapping (VSM) – future state. Dari penelitian diperoleh persentase aktivitas penyelesaian klaim BPJS rawat inap pasien BPJS di RSIA Mutiara Bunda terdiri dari 1,47% VA, 1,30% NNVA , 97,23% NVA dan 2,77% VAR yang disajikan pada current value stream mapping. Pada model perbaikan future value stream mapping, terjadi peningkatan VAR dari 2,77% menjadi 7,30%. Perbaikan yang dilakukan dengan menggunakan lean hospital membutuhkan continuous improvement sehingga akan terus dapat meminimalisir waste yang ada pada proses penyelesaian klaim berkas rawat inap pasien BPJS Kesehatan di RSIA Mutiara Bunda.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. dr. Adila Kasni Astiena, MARS, FISPH, FISCM; dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Lean; NNVA; NVA; Rekam Medis; Redesain; VA; Value stream mapping; Waktu Tunggu. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S2 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:26 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 01:07 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/479111 |
Actions (login required)
View Item |