Nadhifa, Irsa Nada (2024) Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya Pada Remaja Di SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun 2024. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (124kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (BAB VII (Penutup))
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version Download (80kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pada usia remaja interaksi sosial yang baik sangatlah penting, karena akan mempermudah mereka dalam beradaptasi dan membina hubungan dengan lingkungan maupun teman sebayanya. Namun, masih ada remaja yang belum mampu berinteraksi sosial secara optimal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi interaksi sosial tersebut adalah konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial teman sebaya pada remaja di SMK N 2 Payakumbuh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SMK N 2 Payakumbuh dengan jumlah sampel sebanyak 327 siswa dengan menggunakan metode Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Tennessee Self-Concept Scale (TSCS) dan Interaksi Sosial Teman Sebaya. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setenggah siswa (59,3%) memiliki konsep diri yang tinggi dan lebih dari setenggah siswa (50,8%) dapat berinteraksi sosial dengan teman sebayanya dengan baik. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan interaksi sosial teman sebaya pada remaja di SMK N 2 Payakumpuh (p=0,016). Diharapkan pihak sekolah dapat bekerja sama dengan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam upaya meningkatkan konsep diri dan interaksi siswa dengan cara menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan interaksi pendidikan yang akrab, serta melalui pemberian layanan konseling di bidang pribadi-sosial dengan cara mengembangkan sistem pemahaman diri dan sikap positif siswa, serta mengembangkan kemampuan sosial siswa dengan tepat. Kata Kunci : Konsep diri, interaksi sosial teman sebaya, remaja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ns. Feri Fernandes, M.Kep, Sp.Kep.J |
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri, interaksi sosial teman sebaya, remaja |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | s1 ilmu keperawatan internasional |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 07:31 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 07:31 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478785 |
Actions (login required)
View Item |