Upaya Pedagang untuk Menaikan Omset Pasca Relokasi di Pantai Padang

Meltazia, Meltazia (2024) Upaya Pedagang untuk Menaikan Omset Pasca Relokasi di Pantai Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abtrak.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
skripsi kliring perpust-109-111.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi kliring perpust.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pedagang adalah pekerjaan yang berhubungan dengan menjual dan membeli barang untuk mendapat untung. Pedagang berjualan ditempat strategis yang biasanya menempari ruang publik, yang tentunya ini akan menimbulkan suatu permasalahan. Permasalahan. Sebelum direlokasi, pedagang berjualan tepat di tepi jalan raya yang dengan mudah tampak oleh orang yang lewat, dengan menunggu saja pedagang bisa dengan mudah mendapatkan pembeli yang masuk. Namun setelah relokasi, pedagang berjualan di tempat yang tersembunyi, tidak tampak dari jalan raya dan hanya memiliki sastu pintu masuk. Pada prinsipnya, pasca relokasi pedagang akan mengalami penurunan omset, namun kenyataannya, ada sejumlah pedagang yang malah mengalami kenaikan omset. Oleh sebab itu rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya pedagang untuk meningkatkan omset pasca relokasi di Pantai Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pedagang untuk menaikan omset pasca relokasi di Pantai Padang. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam dan pengumpulan dokumen. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional yang dianggap relevan untuk mengkaji permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian bahwa : (1) Kondisi pedagang sebelum relokasi yaitu, antar pedagang di Pantai Padang memiliki hubungan yang harmonis, ditandai dengan pola interaksi asosiatif yang terlihat dari para pedagang yang saling bekerja sama dalam berdagang seperti dalam hal tukar-menukar uang dan saling meminjam barang dagangan. (2) Kondisi pedagang pada saat proses relokasi, pedagang khawatir akan kehilangan pelanggan dan penurunan omset, tetapi mau tidak mau pedagang tetap harus direlokasi sesuai dengan kebijakan dari Dinas Pariwisata. Pedagang mempersiapkan peralatan-peralatan untuk dipindahkan kelokasi berdagang yang baru, dengan dibantu oleh pemuda setempat dan SATPOL-PP. (3) Kondisi pedagang setelah direlokasi, hubungan antar pedagang berubah pola yang dari awalnya asosiatif menjadi disasosiatif. Lokasi berjualan baru sempit, antar pedagang tidak ada jarak sama sekali, pedagang saling bersebelahan dengan luas per pedagangnya hanya dua meter saja. Ini menjadikan pedagang saling bertengkar untuk memperebutkan pembeli yang masuk. (4) Upaya pedagang untuk menaikan omset pasca relokasi di Pantai Padang. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pedagang adalah : Melakukan Strategi Promosi, pedagang lebih agresif, menambah jenis barang dagangan, dan membuat brandingan untuk menarik konsumen

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Drs. Ardi Abbas, M.T Dr. Maihasni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pedagang; Relokasi; Omset; Pantai Padang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:08
Last Modified: 25 Oct 2024 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478632

Actions (login required)

View Item View Item