Tesa, Auliana (2024) Pengaruh Penerapan Strategi Lean Healthcare : SIM RS GOS Terhadap Kepuasan Pasien dan Waktu Tunggu di Poli Rawat Jalan Rsud Dr. Adnaan WD Payakumbuh 2024. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (65kB) |
|
Text (pendahuluan)
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (penutup dan kesimpulan)
3. PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (45kB) |
|
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text (tesis utuh)
5. TESIS UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan prioritas utama dalam sebuah manajemen rumah sakit. Waktu tunggu rawat jalan merupakan salah satu indikator mutu nasional dan menjadi tolak ukur mutu pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan yang lama atau lambat, akan menurunkan tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan Strategi Lean Healthcare : SIM GOS terhadap kepuasan pasien dan waktu tunggu. Jenis penelitian quasi experiment dengan design pretest and posttest with control gruop design. Sampel penelitian 104 pasien rawat jalan, terdiri dari 52 orang sebagai kelompok intervensi dan 52 orang sebagai kelompok kontrol, dengan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner kepuasan pasien SERVQUAL dan lembar observasi waktu tunggu. Analisa bivariat menggunakan Wilcoxon, paired t-test, Mann Whitney, dan independent t-test. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan rerata waktu tunggu sebelum dan sesudah penerapan strategi Lean Healthcare : SIM RS GOS pada kelompok intervensi, sedangkan tidak ada perbedaan rerata waktu tunggu pada kelompok kontrol, ada perbedaan rerata kepuasan pasien sebelum dan sesudah penerapan strategi Lean Healthcare: SIM RS GOS pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol ada pengaruh penerapan Strategi Lean Healthcare: SIM RS GOS terhadap penurunan rerata waktu tunggu dan peningkatan kepuasan pasien. Disarankan kepada rumah sakit menggunakan sistem penjadwalan yang terintegrasi untuk mengatur waktu petugas kesehatan dengan lebih baik dan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat penggunaan SIM RS GOS bagi perawat dan tenaga kesehatan sehingga dapat memberikan wawasan tentang efisiensi, akurasi, dan kualitas perawatan yang ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Yulastri Arif, M.Kes.; Ns. Ethika Ariany Maisa, M.Kep. |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien; Lean healthcare; SIM RS GOS; Waktu tunggu |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan |
Depositing User: | s2 keperawatan keperawatan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 01:45 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 08:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478461 |
Actions (login required)
View Item |