STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT USAHA RADJO PROJECT KOPERASI PRODUSEN SERBA USAHA (KPSU) SOLOK RADJO

Anindya, Yulfira Arza (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT USAHA RADJO PROJECT KOPERASI PRODUSEN SERBA USAHA (KPSU) SOLOK RADJO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover nama pbb_merged (2).pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I alah tu (wm).pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V kesimpulan dan saran wm.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA nindya wm.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Anindya Yulfira Arza_1910221068 + turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal serta (2) merumuslan strategi pengembangan Unit Usaha Radjo Project Koperasi Produsen Serba Usaha (KPSU) Solok Radjo. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 06 November-06 Desember 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Analisis data deskriptif digunakan untuk tujuan penelitian pertama yaitu berhubungan dengan lingkungan internal dan eksternal yang menggambarkan Koperasi Solok Radjo, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk tujuan penelitian yang kedua yaitu merumuskan strategi pengembangan Koperasi Solok Radjo yang melalui tahapan matriks IFE, EFE, SWOT, QSPM. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang petani binaan prioritas Koperasi Solok Radjo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan kunci dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal Koperasi Solok Radjo memperlihatkan bahwa nilai IFE diperoleh sebesar 2,74. Hal ini mengindikasikan bahwa Koperasi Solok Radjo memiliki posisi internal yang kuat karena mampu menggunakan kekuatan yang ada untuk mengurangi kelemahan yang dimiliki. Kekuatan utama Koperasi Solok Radjo adalah memiliki variasi produk greenbean dan produk olahan kopi serta terjaminnya kualitas dan kontinuitas produk. Sedangkan kelemahan utama dari Koperasi Solok Radjo yaitu fungsi pengawasan koperasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya dan terjadinya penurunan volume produksi kopi. Nilai dari matriks EFE adalah sebesar 3,08 maknanya adalah Koperasi Solok Radjo mampu merespon dengan kuat terhadap peluang eksternal dan ancaman eksternal yang muncul. Peluang utama dari Koperasi Solok Radjo adalah pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia semakin meningkat, berkembangnya sosial media, marketplace, dan teknologi (traceability & QRIS) dalam memasarkan produk, serta tersedianya pasar ekspor. Sedangkan ancaman utama dari Koperasi Solok Radjo adalah rata-rata petani binaan sulit untuk mengadopsi inovasi, pemahaman petani binaan mengenai koperasi masih rendah, dan volume produksi pesaing cendrung lebih stabil. Hasil matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi prioritas yang dapat diimplementasikan pada pengembangan Unit Usaha Radjo Project Koperasi Solok Radjo adalah menaikkan volume produksi kopi melalui perluasan lahan dengan bekerja sama dengan pemerintah melalui program HKm (Hutan Kemasyarakatan) oleh Dinas Perhutanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Melinda Noer, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Koperasi Solok Radjo, Internal, Eksternal, Strategi Pengembangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:56
Last Modified: 23 Aug 2024 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478316

Actions (login required)

View Item View Item