Mariescha, Silvy (2024) Inovasi Jenguk, Dengar, dan Layani Jamaah Haji Sepenuh Hati (JENDELA HATI) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 6 Kesimpulan)
BAB VI (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (367kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (475kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_SILVY MARIESCHA_1810843021_Inovasi JENDELA HATI KEMENAG PESISIR SELATAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjabarkan tentang pelayanan di bidang haji yang terjadi di Kantor Kemenag Kab. Pesisir Selatan. Penelitian ini didasari karena adanya fenomena batalnya proses pemberangkatan rombongan jamaah haji tahun 2020 dan 2021. Pelayanan dibidang haji mulanya hanya sekedar pelayanan biasa dari pendaftaran sampai keberangkatan. Sebelum adanya inovasi JENDELA HATI, Kantor Kementerian Agama hanya melakukan kegiatan bimbingan ibadah haji ketika mendekati keberangkatan ke tanah suci. Pada skripsi ini penulis memilih untuk memakai sebuah teori Atribut Inovasi menurut Everett M.Rogers yang terdapat beberapa komponen seperti Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compability (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), dan Observability (Kemungkinan Diamati). Inovasi Jenguk, Dengar, dan Layani Jamaah Haji Sepenuh Hati (JENDELA HATI) di Kantor Kemenag Kab. Pesisir Selatan memakai metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan data oleh peneliti adalah wawancara, observasi, dan catatan lapangan berupa dokumentasi. Untuk pemilihan narasumber yang memberikan informasi dilaksnaakan melalui pengguanaan teknik purposive sampling. Hasil skripsi ini menyatakan bahwa Inovasi Jenguk, Dengar, dan Layani Jamaah Haji Sepenuh Hati (JENDELA HATI) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan telah memenuhi setiap faktor yang ada dalam variabel dari Teori yang digunakan yaitu Atribut Inovasi. Namun, ada beberapa kekurangan pada inovasi JENDELA HATI yaitu tidak mempunyai nomor resmi khusus dalam menghubungi calon jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan. Pelayanan di bidang haji pada Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan menerapkan cara “jemput bola” atau layanan keliling. Layanan keliling dikhususkan untuk memudahkan calon jamaah haji melaksanakan proses pendaftaran haji dengan mendatangi semua kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan. Sebuah inovasi tidak mungkin sempurna, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan berusaha terus mengupdate inovasi menjadi lebih baik dengan strategi-strategi untuk memajukan inovasi JENDELA HATI pada Kementerian Agama yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ria Ariany, M.Si Muhammad Ichsan Kabullah S.IP, M.PA. |
Uncontrolled Keywords: | inovasi; jendela hati; layanan keliling; bimbingan ibadah haji Kementerian Agama; Kabupaten Pesisir Selatan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 09:19 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478161 |
Actions (login required)
View Item |