Putra, Febryan Maulana (2024) Analisa Kinerja Simpang Tanpa Apill (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) di Kota Padang (Studi Kasus: Simpang Jl. Thamrin–Jl. Ganting–Jl. Seberang Palinggam). S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (474kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi FullText.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Padang salah satu kota besar dengan tingkat aktifitas lalu lintas yang tinggi. Salah satu lokasi di Kota Padang yang mengalami permasalahan lalu lintas adalah simpang tiga Jl. Thamrin-Jl. Ganting-Jl. Seberang Palinggam. Pada simpang tersebut sering terjadi permasalahan kepadatan kendaraan pada jam sibuk. Survei dilakukan pada jam puncak pagi, jam puncak siang, jam puncak sore selama dua hari secara manual. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari kinerja persimpangan menggunakan metoda PKJI 2023. Untuk mengetahui kinerja suatu persimpangan maka harus diketahui dahulu arus lalulintas yang melewati persimpangan tersebut dengan memperhitungkan pendekat-pendekat pada persimpangan tersebut. Pada kondisi eksisting kinerja simpang mempunyai kapasitas (C) = 2501 smp/jam, volume lalu lintas (Q) = 2156 smp/jam, derajat kejenuhan (DJ) = 0,862, tundaan lalu lintas simpang (TLL) = 10,685 det/smp, tundaan lalulintas jalan mayor (TLLma) = 7,816, tundaan lalu lintas jalan minor (TLLmi) = 18,761, tundaan geometrik simpang (TG) = 5,102, tundaan simpang (T) = 15,787, dan peluang antrian (Pa) = 58,989 – 29,862 %. Pengendalian persimpangan yang cocok dilakukan untuk menurunkan derajat kejenuhan adalah larangan belok kanan dari Jl Seberang Palinggam menuju arah Jl. Ganting. Kinerja simpang setelah dilakukan pengendalian adalah kapasitas menjadi (C) = 2668 smp/jam, volume lalu lintas (Q) = 2156 smp/jam, derajat kejenuhan (DJ) = 0,808, tundaan lalu lintas simpang (TLL) = 9,586 det/smp, tundaan lalulintas jalan mayor (TLLma) = 7,085, tundaan lalu lintas jalan minor (TLLmi) = 16,625, tundaan geometrik simpang (TG) = 5,534, tundaan simpang (T) = 15,120, dan peluang antrian (Pa) = 68,705 – 34,825 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir. Hendra Gunawan, M.T.; Titi Kurniati, M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Simpang; Kapasitas; Derajat Kejenuhan; Tundaan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:24 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477466 |
Actions (login required)
View Item |