ARIE, ALFAREZ RIANTO (2024) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN OTOBUS YANG BERADA DI SUMATRA BARAT TERHADAP PENUMPANG YANG MENGALAMI KECELAKAAN LALU LINTAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (340kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (292kB) |
|
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (23kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (136kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Transportasi adalah salah satu aspek kehidupan masyarakat yang sangat penting. Salah satu pengangkutan darat yang memiliki keunggulan adalah bus. Dalam melakukan pengangkutan penumpang masih saja perusahaan mengalami kerugian terutama kecelakaan lalu lintas sehingga diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Perusahaan yang penulis akan teliti adalah PT. NPM, PT. Transport Express Jaya, PT. ANS dikarenakan dalam penyelenggaraannya masih sering terjadi permasalahan yang merugikan penumpang sehingga masalah tersebut membuat perusahaan harus bertanggung jawab serta konsumen berhak untuk meminta pertanggungjawaban akibat kerugian yang telah dideritanya. Sehingga penulis menarik rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana tanggung jawab Perusahaan Otobus terhadap penumpang jika terjadinya kecelakaan lalu lintas? 2. Apa kendala yang dialami oleh pihak pengangkut dan penumpang dalam pelaksanaan ganti rugi?. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitis dan pendekatan yuridis empiris, yang menggabungkan teori hukum dengan praktik lapangan, dengan data diperoleh melalui studi kepustakaan, studi dokumen, dan wawancara dengan pihak Perusahaan Otobus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa Tanggung jawab yang dilakukan oleh Perusahaan Otobus yaitu dengan memberikan kompensasi atau bertanggung jawab yaitu dari pertolongan pertama, tenaga, ambulance, dan ganti rugi secara sebagian atau keseluruhan, untuk pertolongan pertama dilakukan terlebih dahulu seperti biaya pengobatan rumah sakit ditanggung oleh perusahaan sehingga dalam skripsi ini dapat dilihat tanggung jawab yang diberikan berdasarkan kerugian nyata yang diderita oleh penumpang tetapi tidak dengan keuntungan yang diharapkan. Selanjutnya, terkait kendala yang dialami dalam pelaksanaan ganti rugi yaitu dalam membayar kompensasi atau ganti kerugian kepada penumpang dikarenakan sulitnya mencapai kesepakatan mengenai jumlah ganti rugi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Pengangkutan, Tanggung Jawab, Perusahaan Otobus, Kecelakaan, Ganti Rugi, Kompensasi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:08 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476679 |
Actions (login required)
View Item |