FORMULASI, KARAKTERISASI DAN UJI EFEKTIFITAS GRANUL PUPUK NITROGEN FOSFOR LEPAS LAMBAT

Adhiny, Disti Helmi (2019) FORMULASI, KARAKTERISASI DAN UJI EFEKTIFITAS GRANUL PUPUK NITROGEN FOSFOR LEPAS LAMBAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyalutan pada pupuk berperan dalam meningkatkan efektifitas dan meminimalkan pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyalutan pupuk coating bioblend polistiren(PS):microcrystalline cellulose(MCC) rasio 99:1(F1), 95:5(F2), 90:10(F3), coating MCC 5%(F0), dan kontrol(C) terhadap pertumbuhan tanaman bawang daun (Allium fistulusom L.). Metode yang digunakan yaitu teknik spray coating terhadap granul pupuk dan dilakukan karakterisasi in-vitro berupa karakterisasi morfologi permukaan granul dengan Scanning Electron Microscopy(SEM), analisis gugus fungsi dengan Fourier Transform Infrared Spectroscopy(FTIR) dan uji penetapan kadar dan pelepasan pupuk menggunakan Spektofotometer UV-Vis serta karakterisasi in planta . Hasil yang diperoleh pada uji SEM yaitu bentuk morfologi dari pupuk pada tampak granul utuh dan dipotong melintang masing-masing formula, analisis FTIR menunjukkan tidak terdapat interaksi kimia antara pupuk Nitrogen Fosfor(NP) dengan penyalut dan pelepasan pupuk NP dalam medium aquadest formula C, F0, F1 menunjukkan profil pada model kinetika pelepasan Higuchi dan formula F2,F3 mengikuti Orde 1. Karakteristik in-planta formula 1 menunjukkan efektifitas paling baik dibandingkan formula lainnya. Sehingga dapat disimpulkan formulasi granul pupuk NP lepas lambat menggunakan coating bioblend PS:MCC lebih efektif dan efisien dibandingkan granul pupuk NP konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muslim Suardi, Apt
Uncontrolled Keywords: pupuk Nitrogen Fosfor (NP), pupuk lepas lambat (Slow Release Fertilizer), polistiren (PS), microcrystalline cellulose (MCC), model pelepasan kinetika, bawang daun (Allium fistulusom L.)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 24 Jul 2019 14:28
Last Modified: 24 Jul 2019 14:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47658

Actions (login required)

View Item View Item