Maarif, Dimas Anbiya Qudsy (2024) Presentasi Diri Mahasiswa FISIP Universitas Andalas dalam Media Sosial TikTok (Studi Dramaturgi terhadap 5 Orang Mahasiswa TikToker Universitas Andalas). S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak (1).pdf - Published Version Download (354kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version Download (587kB) |
|
Text (BAB IV (kesimpulan dan saran))
BAB IV (Kesimpulan dan saran).pdf - Published Version Download (362kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text (FULL TEXT)
skripsi full watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial TikTok merupakan sebuah platform di mana penggunanya bisa membuat video pendek berdurasi 15 detik sampai 3 menit yang berisi hiburan, edukasi, musik, dan lain-lain. Dengan hadirnya TikTok, orang dapat dengan bebas untuk berkreasi dan berekspresi sehingga banyak orang melakukan presentasi diri untuk menjadi seorang TikToker. Hal tersebut menyebabkan orang yang membuat konten mempresentasikan dirinya tidak sesuai dengan aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan presentasi diri mahasiswa TikToker Universitas Andalas pada panggung depan dan interaksi sosial mahasiswa tersebut pada panggung belakang. Penelitian ini menggunakan teori daramaturgi dan konsep diri dari Erving Goffman yang berfokus pada panggung depan dan panggung belakang aktor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap 5 informan pelaku dan 2 informan pengamat dan observasi terhadap akun TikTok serta kehidupan keseharian informan pelaku. Informan penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling (secara sengaja) dengan menetapkan kriteria tertentu untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan panggung depan adalah ruang untuk seseorang menampilkan dirinya. Dalam media sosial TikTok panggung depan ditampilkan dengan bentuk video atau gambar. Walaupun bahasa yang digunakan berbeda-beda, menghasilkan satu kesimpulan, yaitu dasar para informan menjadi TikToker adalah untuk terkenal dan mendapat penghasilan dari endorsement dan TikTok Affiliate. Untuk itu harus mempersiapkan penampilan secara matang dan juga menyiapkan latar (setting) sesuai dengan tujuan penampilan. Disamping itu TikToker melakukan interaksi yang akrab dengan audiens sebagai bentuk pertimbangan presentasi diri. Sedangkan panggung belakang adalah wilayah dengan fakta yang asli bisa terlihat dari seorang TikToker. Pada penelitian ini panggung belakang tempat TikToker menyiapkan segala aspek untuk mendukung penampilan di panggung depan. Penelitian menunjukkan ada perbedaan atau ketidak sesuaian antara panggung depan dan panggung belakang seperti: penampilan yang dilakukan pada panggung belakang tak seindah yang dilakukan pada panggung depan. TikToker juga berusaha untuk tampil terlihat positif di panggung depan sebagai bentuk mempertahankan presentasi diri meskipun pada nyatanya tidak terlihat kuat. Sehingga pada panggung belakang, TikToker selalu menjaga mentalnya karena hal itu mempengaruhi dalam proses membuat konten. di panggung belakang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | ZULDESNI, S.Sos., MA |
Uncontrolled Keywords: | Presentasi diri; TikToker; Dramaturgi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 07:49 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476414 |
Actions (login required)
View Item |