Hubungan Kebiasaan Sarapan, Stress Akademik, dan Asupan Zat Gizi dengan Prestasi Belajar di SMA Negeri 1 Padang Tahun 2024

Rizky, Silfia (2024) Hubungan Kebiasaan Sarapan, Stress Akademik, dan Asupan Zat Gizi dengan Prestasi Belajar di SMA Negeri 1 Padang Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Tujuan: Prestasi belajar merupakan hasil dari kegiatan belajar siswa di sekolah. Beberapa cara meningkatkan prestasi belajar yaitu mencukupi kebutuhan gizi dengan rutin sarapan dan mengonsumsi makanan yang seimbang. Selain itu, pentingnya menjaga kesehatan mental dengan manajemen pengendalian stress akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan, stress akademik, dan asupan zat gizi dengan prestasi belajar pada siswa-siswi di SMA Negeri 1 Padang tahun 2024. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional pada bulan Februari-Juli dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengisian kuesioner dan formulir SQ-FFQ. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan siswa dengan kebiasaan sering sarapan sebanyak 47.1%, stress akademik sedang sebanyak 52.9%, cukup asupan protein sebanyak 87.4%, dan asupan zat besi yang cukup sebanyak 63.2%, serta prestasi belajar sangat baik sebesar 59.8%. Hasil uji statistik menunjukan bahwa tidak adanya hubungan antara kebiasaan sarapan (p-value=0.190), stress akademik (p value=1.000), asupan protein (p-value=0.109), dan asupan zat besi (p-value=0.776) dengan prestasi belajar siswa-siswi SMA Negeri 1 Padang. Kesimpulan: Kebiasaan sarapan, stress akademik, serta asupan zat gizi protein dan zat besi tidak berhubungan dengan prestasi belajar pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Nadia Chalida Nur, SKM., MPH.; Ice Yolanda Puri, S.Si.T., M.Kes., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; kebiasaan sarapan; stress akademik; asupan zat gizi
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:24
Last Modified: 31 Oct 2024 01:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476322

Actions (login required)

View Item View Item