PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana DALAM RANSUM BASAL JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA In-vitro

Rizki, Rizki (2019) PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana DALAM RANSUM BASAL JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA In-vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Caver dan abstrak)
Caver.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Kesimpulan))
BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Indigofera zollingeriana dalam ransum basal jerami padi amoniasi terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar secara In-vitro. Percobaan dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut antara lain: Perlakuan A adalah jerami padi amoniasi sebanyak 40% dan konsentrat sebanyak 60%; Perlakuan B adalah jerami padi amoniasi sebanyak 40%, konsentrat 50% dan I.zollingeriana 10%; Perlakuan C adalah jerami padi amoniasi sebanyak 40%, konsentrat 40% dan I.zollingeriana sebanyak 20%; Perlakuan D adalah jerami padi amoniasi sebanyak 40%, konsentrat 30% dan I.zollingeriana 30%. Parameter yang diukur adalah kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik dan kecernaan protein kasar. Data dianalisa dengan metode analisis sidik ragam dan perbedaan pada masing-masing rataan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan I.zollingeriana dalam ransum basal jerami padi amoniasi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar. Berdasarkan hasil penelitian perlakuan terbaik adalah perlakuan D dengan level penggunaan I.zollingeriana sebanyak 30% mampu meningkatkan kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar. Kata Kunci : I.zollingeriana, kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik, kecernaan protein kasar, In-vitro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2019 10:42
Last Modified: 24 Jul 2019 10:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47611

Actions (login required)

View Item View Item