Muhammad, Zhikron Octoprima Orsal (2024) Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang Sebagai Pusat Rujukan Layanan Kesehatan di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
TESIS UPLOAD COVER.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (Bab 1)
TESIS UPLOAD BAB 1.pdf - Published Version Download (164kB) |
|
Text (Bab Penutup)
TESIS UPLOAD BAB KSEIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (83kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
TESIS UPLOAD DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT ZHIKRON.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit diharuskan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan rencana untuk menarik lebih banyak pasien guna memastikan kelangsungan hidup dan kesuksesan. Salah satu strategi pemasaran yang bisa diterapkan untuk mengembangkan rumah sakit adalah konsep Service Marketing Mix.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan RSUD dr Rasidin Padang sebagai pusat rujukan layanan kesehatan. Desain penelitian ini adalah mix methode type explanatory dengan sampel 100 orang. Sampel diambil secara consecutive sampling Terhadap sampel penelitian dilakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner untuk melihat karakteristik, faktor-faktor dan pemilihan RS rujukan. Hasil penelitian diolah secara komputerisasi, dengan menggunakan Chi-Square dan Regresi Logistik dengan derajat kemaknaan p < 0,05. Setelah itu dilakukan wawancara pada 10 informan untuk mendalami terkait faktor yang paling dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 34% responden memilih RSUD dr Rasidin Padang sebagai RS pilihan rujukan, dari jumlah tersebut, 33% mengatakan Product baik, 46,7% Price mahal, 49% Promotion kurang, 34,5% sangat puas dengan mutu layanan dokter,46,7% sangat puas dengan mutu layanan karyawan,83,3% Place sulit dijangkau, 66,7% proses tidak jelas dan 32% Physical Evidence lengkap. Terdapat hubungan bermakna antara Price, Place dan Promotion dengan pemilihan RS rujukan dan tidak terdapat hubungan antara Product (jasa), People (orang), prosess (proses) dan Physical evidence (bukti fisik) dengan pemilihan RS rujukan. Promotion merupakan faktor yang paling dominan terhadap pemilihan RS rujukan (p=0,003). Price, Place dan Promotion merupakan faktor yang menentukan pemilihan RSUD dr Rasidin sebagai RS pilihan rujukan dengan Promotion sebagai faktor yang paling dominan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD |
Uncontrolled Keywords: | Service Marketing Mix, Place, Price, Promotion |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:29 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475957 |
Actions (login required)
View Item |