Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Perubahan Perilaku sebagai Upaya Pencegahan Obesitas pada Remaja di MAN Kota Solok Tahun 2024

Walfadhila, Rahma (2024) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Perubahan Perilaku sebagai Upaya Pencegahan Obesitas pada Remaja di MAN Kota Solok Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan prevalensi kejadian obesitas tertinggi di Indonesia terjadi pada kelompok usia remaja. Salah satu penyebab obesitas adalah karena perilaku serta aktivitas fisik yang kurang. Upaya dalam mengatasi permasalahan obesitas pada remaja adalah dengan memberikan edukasi, tujuan penelitian ii adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap perubahan perilaku sebagai upaya pencegahan obesitas pada remaja di MAN Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment pretest-posttest with kontrol group design. Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Solok pada bulan Oktober 2023 sampai dengan Mei 2024. Sampel terdiri dari 35 orang siswa untuk setiap kelompok dengan menggunakan teknik puposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam peelitian ini adalah uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum edukasi rerata skor pengetahuan 10,63, skor sikap 32,46 dan skor tindakan 8,74 sedangkan sesudah edukasi rerata skor pengetahuan 14,74, skor sikap 42,89 dan skor tindakan 12,51 pada kelompok intervensi. Hasil uji statistik diperoleh adanya perbedaan rerata skor pengetahuan, sikap dan tindakan (p-value 0,001) pada kelompok intervensi. Terdapat perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan (p-value 0,001), yang signifkan antara kelompok intervensi dan kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Resmiati, SKM, MKM; Dr. Denas Symond, MCN
Uncontrolled Keywords: gizi seimbang; pengetahuan; sikap; tindakan; remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 19 Aug 2024 09:42
Last Modified: 30 Oct 2024 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475934

Actions (login required)

View Item View Item