MANAJEMEN PENGETAHUAN PEMASARAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA KELOMPOK SENTRA IKM DODOL KENTANG ‘KAYO’ DI DESA LUBUK NAGODANG, KECAMATAN SIULAK, KABUPATEN KERINCI

Anjely, Nafiza Indani (2024) MANAJEMEN PENGETAHUAN PEMASARAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA KELOMPOK SENTRA IKM DODOL KENTANG ‘KAYO’ DI DESA LUBUK NAGODANG, KECAMATAN SIULAK, KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Skripsi full text)
FULL_SKRIPSI[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil survey penulis yang dilakukan pada Kelompok Sentra IKM Dodol Kentang „KAYO‟ di Desa Lubuk Nagodang Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, yang ingin melihat apakah pada kelompok tersebut terjadi suatu proses manajemen pengetahuan dalam pemasaran produknya dan bagaimana tingkat penerapan manajemen pengetahuan pemasaran pada kelompok tersebut. hal ini akan dilihat dari aspek manajemen pengetahuan (Akuisisi Pengetahuan, Penciptaan Pengetahuan, Distribusi Pengetahuan, Penerapan Pengetahuan) serta dari aspek implementasi manajemen pengetahuan (Manusia, Kepemimpinan, Organisasi, Belajar, Teknologi). Penelitian ini menggunakan pendekatan yang menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif, atau sering juga disebut dengan Mixed Method. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha dodol kentang di Desa Lubuk Nagodang. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 pengusaha dodol kentang yang tergabung kedalam kelompok Sentra IKM Dodol Kentang „KAYO‟ dengan menggunakan teknik Sensus Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk Skala Likert yang sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan pengusaha dodol kentang di Desa Lubuk Nagodang sudah melakukan manajemen pengetahuan pemasaran. Hal ini terlihat dari proses akuisisi pengetahuan atau pemerolehan pengetahuan dimana pengetahuan pertama kali diperoleh dari program pemerintah, yang dilanjutkan dengan proses penciptaan pengetahuan, proses distribusi pengetahuan hingga proses penerapan pengetahuan. Implementasi manajemen pengetahuan pemasaran pada kelompok Sentra IKM Dodol Kentang „KAYO‟ memperoleh nilai grand mean sebesar 4,1835 yang berada pada rentang skala 3,41 – 4,20 dan dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ifdal, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Pengetahuan, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:14
Last Modified: 19 Aug 2024 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475744

Actions (login required)

View Item View Item