Faisal, Fadri (2024) PROSES KOMUNIKASI PERSUASIF GENBI SUMATERA BARAT DALAM MENGAJAK PEDAGANG MENGUNAKAN QRIS. Diploma thesis, Universitas andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (169kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version Download (36kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI_Faisal_Fadri_1710863028.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan platform pembayaran digital atau e-wallet terus mengalami peningkatan hingga tahun 2021. Hal ini terjadi karena adanya 5 visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) yang bertujuan memastikan arus digitalisasi berkembang dalam ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kredibilitas GenBI dan komunikasi persuasif yang dilakukan GenBI dalam mendorong pedagang dalam menggunakan QRIS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma post-positivisme serta teori pemprosesan informasi dan kredibilitas sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pengumpulan dokumentasi pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi persuasif ini melibatkan beberapa elemen, seperti persuader (GenBI), persuadee (pedagang), pesan persuasif, saluran persuasif, dan umpan balik/efek. GenBI, melakukan kegiatan komunikasi persuasif untuk memperkenalkan dan mendorong penggunaan pembayaran digital QRIS kepada pedagang dengan melakukan pelatihan untuk meningkatkan kredibilitasnya sebagai seorang komunikator serta melakukan perencanaan strategi, pendekatan tatap muka, dan penggunaan media elektronik sebagai alat pendukung penyampaian informasi. Kredibilitas GenBI memegang peran penting dalam mendorong penggunaan QRIS pada pedagang. Pendekatan edukatif, contoh kasus nyata, dan keterbukaan terhadap umpan balik juga berkontribusi pada peningkatan kredibilitas serta efektifitas komunikasi persuasif. Kredibilitas memengaruhi penerimaan informasi, membentuk persepsi positif, dan mendorong implementasi praktik sehari-hari terkait QRIS hal ini menyebabkan pedagang lebih dapat menerima informasi yang disampaikan GenBI sehingga pada akhirnya pedagang bersedia menggunakan metode pembayaran QRIS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr.Sarmiati, M.Si Novi Elian, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Persuasif, GenBI, Pemprosesan Informasi, Kredibilitas |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:12 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475573 |
Actions (login required)
View Item |