Shahira, Nabilla (2024) Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Sosialisasi oleh KPU Provinsi Sumatera Barat Periode 2020-2024. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (712kB) |
|
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (306kB) |
|
Text (Full Text Skripsi)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sebagai penyelenggara dalam pemilu, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat mempunyai tugas dan kewajiban dalam menyosialisasikan penyelenggaraan pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang KPU kepada masyarakat yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum. KPU Sumatera Barat memanfaatkan media sosial sebagai sarana sosialisasi beragam tahapan pemilu 2024. Sehingga, harapan akan tingginya partisipasi pemilih pada pemilu 2024 bisa terealisasikan. Michael Rush dan Phillip Althoff mempunyai empat unsur yang mempengaruhi keberhasilan sosialisasi politik yaitu agen sosialisasi politik, materi sosialisasi politik, mekanisme sosialisasi politik, dan pola sosialisasi politik. Dengan menggunakan media sosial penyampaian informasi oleh KPU Provinsi lebih efektif terutama melalui konten visual seperti infografis dan video pendek. Penggunaan media sosial instagram dimanfaatkan KPU Provinsi dalam menarik perhatian kaum millennial dan Gen Z untuk menyampaikan berita pemilu, sedangkan facebook dimanfaatkan untuk menarik perhatian baby boomer. Sementara X, Tiktok, dan juga Youtube juga dimanfaatkan oleh KPU Sumatera Barat dalam bersosialisasi, dimana platform tersebut dapat diakses oleh semua kalangan. Walaupun di masa sekarang KPU Sumatera Barat lebih aktif dalam memanfaatkan media sosial, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam melakukan sosialisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dianalisis ialah KPU Sumatera Barat sudah melakukan pendekatan kepada masyarakat dalam penyampaian informasi melalui media sosial, namun masih perlu dimaksimalkan. Meskipun sudah punya peningkatan dibandingkan periode sebelumnya karena KPU Sumatera Barat mendapat penghargaan, KPU Sumatera Barat masih perlu meningkatkan penyampaian informasi agar lebih menarik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Tamrin, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial; Sosialisasi Politik; Pemilihan Umum. |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | s1 Ilmu politik |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:01 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:21 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475392 |
Actions (login required)
View Item |