ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN SIMPAN PINJAM PADA LKM-A SEPAKAT KURAO PAGANG

Abdul, Rahman (2024) ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN SIMPAN PINJAM PADA LKM-A SEPAKAT KURAO PAGANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK SKRIPSI ABDUL RAHMAN 1810223014..pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I SKRIPSI ABDUL RAHMAN 1810223014..pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V SKRIPSI ABDUL RAHMAN 1810223014..pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ABDUL RAHMAN 1810223014..pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ABDUL RAHMAN 1810223014..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut kepuasan nasabah dan kinerjanya di LKM-A Sepakat Kurao Pagang serta kepuasan terhadap layanan simpan pinjam. Manfaatnya adalah memberikan evaluasi bagi LKM-A, bahan kebijakan untuk pemerintah dalam pembiayaan pertanian, serta sumbangan gagasan bagi mahasiswa dan penelitian terkait. Masalahnya adalah penurunan penggunaan kredit oleh nasabah dan ketidaksesuaian operasional, sementara tujuannya adalah meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan nasabah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tujuan menggambarkan dan meringkaskan berbagai kondisi, situasi atau variablel, teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui kuisioner dan wawancara. Validitas dan reliabilitas diuji. Analisis dilakukan dengan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur kepentingan dan kepuasan nasabah terhadap layanan LKM-A Sepakat Kurao Pagang. Dari uji validitas dan reliabilitas, kuesioner 17 dari 22 butir pertanyaan valid dan andal, dengan nilai r hitung melebihi nilai r tabel, serta r11 lebih besar dari nilai cronbach alpha. Analisis IPA menunjukkan atribut prioritas (kuadran I) termasuk kelengkapan fasilitas kantor, kesigapan karyawan, dan penerimaan saran nasabah. Atribut yang harus dipertahankan (kuadran II) meliputi lokasi, pencairan dana, keakuratan angsuran, dan pelayanan karyawan. CSI menunjukkan kebutuhan peningkatan pada kuadran I dan III, serta pemeliharaan pada kuadran II. Hasil penelitian menunjukkan atribut prioritas nasabah LKM-A Sepakat berada di kuadran I dan atribut yang perlu dipertahankan di kuadran II. Nilai CSI menunjukkan kepuasan nasabah sebesar 72,168%, namun perlu perbaikan pada beberapa atribut. Saran: LKM-A Sepakat harus terus memperbaiki atribut yang dinilai kurang, serta melakukan penelitian lanjutan untuk atribut lain yang memengaruhi keputusan nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ifdal, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kepuasan nasabah, Kinerja, LKM-A Sepakat Kurao Pagang, IPA, CSI
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:13
Last Modified: 19 Aug 2024 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475391

Actions (login required)

View Item View Item