Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Perawatan Organ Reproduksi Eksternal pada Narapidana Di Lapas Perempuan Kelas II B Kota Padang Tahun 2019

Dinda, Jeanita (2019) Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Perawatan Organ Reproduksi Eksternal pada Narapidana Di Lapas Perempuan Kelas II B Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI DINDA JEANITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Organ genetalia eksternal yang tidak dirawat dengan baik akan menjadi media untuk berkembang biaknya mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit pada organ genetalia eksternal seperti keputihan, iritasi dan infeksi. Jika tidak segera ditangani dengan benar akan mengakibatkan kanker serviks yang berujung kematian. Pengetahuan kesehatan organ reproduksi sangat penting untuk seorang perempuan terutama narapidana perempuan dikarenakan terisolasinya dari masyarakat dan serba terbatasnya sarana dan prasarana di dalam Lapas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengetahuan, sikap dan tindakan perawatan organ reproduksi eksternal pada narapidana di Lapas Perempuan Kelas II B Kota Padang, dengan jumlah responden 109 orang. Desain penelitian ini adalah deskriptif, dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisa data dengan analisa univariat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada 109 didapatkan hasil bahwa lebih dari separuh responden memiliki pengetahuan sedang (59,6%), lebih dari separuh responden memiliki sikap positif, dan sebagian besar responden melakukan tindakan baik (64,2%). Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang dimilki responden sedang, sikap yang positif dan tindakan yang baik dalam melakukan tindakan perawatan organ reproduksi eksternal. Untuk itu diharapkan agar narapidana perempuan lebih meningkatkan pengetahuan, agar tidak hanya melakukan tindakan tetapi tahu manfaat dalam menyikapi dan melakukan tindakan yang baik dalam melakukan perawatan oran reproduksi eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vetty Priscilla, M.Kep, Sp.Mat, MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jul 2019 09:46
Last Modified: 24 Jul 2019 09:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47508

Actions (login required)

View Item View Item