Mutia, Di AJENG CLARA (2024) Komunikasi Influencer Tiktok Laura Siburian (Persepsi Mahasiswa Dalam Mengonsumsi Konten Skincare Tiktok). S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
TikTok menjadi platform utama bagi tren skincare, di mana Influencer media sosial seperti Laura Siburian telah mengubah budaya konsumen modern dengan lebih dari 3.1 juta pengikut dan 212,2 juta likes. Laura Siburian mempengaruhi audiensnya dengan konten tentang kecantikan, gaya berpakaian, dan kehidupan sehari-hari serta memainkan peran penting dalam mempopulerkan perawatan kulit sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi mahasiswa di Kota Padang terhadap konten skincare Laura Siburian di TikTok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan Teori Persepsi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa di Kota Padang memiliki persepsi beragam terhadap Influencer Laura Siburian seperti ketertarikan pada ulasan jajanan dan produk kecantikan, konten informatif dan inspiratif terhadap pengalaman pribadi kehidupan sehari-hari dan interaksi sosial demilih konten yang menyuarakan isu sosial dan mendukung perubahan positif. Beberapa merasa terhibur tanpa dorongan untuk membeli produk, sementara yang lain tertarik mencoba produk yang direkomendasikan. Komunikasi Laura Siburian sebagai micro celebrity memengaruhi minat beli, pola pikir, sikap, dan pandangan hidup mahasiswa di Kota Padang seperti adanya kecenderung membeli tanpa pertimbangan mendalam, menggunakan ulasan Laura sebagai panduan terpercaya, sehingga impulsif dalam pembelian barang yang tidak perlu. Media sosial, khususnya TikTok, menjadi bagian integral dari kehidupan mahasiswa, dengan motivasi penggunaan yang beragam seperti tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk tetap terkini dengan tren terbaru, dengan mengikuti akun Influencer dan selebriti untuk konten yang relevan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sarmiati,S.Sos,M.Si. Annisa Anindya,S.I.Kom,M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Influencer, Komunikasi, Mahasiswa, Media Sosial, dan Persepsi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:01 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475028 |
Actions (login required)
View Item |