Charles, Wery (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Baca Masyarakat pada Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abtsrak_Wery Charles.pdf - Published Version Download (273kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan_Wery Charles.pdf - Published Version Download (487kB) |
|
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Wery Charles.pdf - Published Version Download (373kB) |
|
Text (Full Text)
SKRIPSI_Wery Charles_2010841007.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang merupakan salah satu perpustakaan yang memiliki kualitas pelayanan yang tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan pada tahun 2023 Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang termasuk pada tiga kabupaten kota dengan nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tertinggi di Provinsi Sumatera Barat dengan total nilai sebesar 88,22. Akan tetapi, minat baca masyarakat pada Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Tingkat Kegemaran Membaca(TGM) yang hanya sebesar 67,81 dimana nilai tersebut berada dibawah nilai rata-rata nilai TGM di Provinsi Sumatera Barat yakni sebesar 68,46. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Untuk memperoleh kuesioner yang valid dan reliabel sebagai alat ukur,maka dilakukan uji validitas menggunakan korelasi Bivariate Pearson serta uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik Deskriptif dengan melihat nilai Tingkat Capaian Responden. Selain itu, juga digunakan Statistik Inferensial dengan menggunakan uji Korelasi Kendall’s tau-b dan uji Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, diperoleh hasil bahwa berdasarkan analisis statistik deskriptif nilai Tingkat Capaian Responden (TCR) pada Kualitas Pelayanan(X) Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang berada pada kategori jawaban baik dengan tingkat persentase sebesar 83,68%, serta untuk Minat Baca(Y) Masyarakat pada Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang berada pada kategori cukup baik dengan tingkat persentase sebesar 74,04%. Hasil perhitungan hipotesis menunjukan nilai koefisien korelasi Kendall’s tau-b adalah sebesar 0,422>0,1654(nilai r tabel) yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara kedua variabel dengan derajat hubungan sedang serta arah hubungan yang searah/positif. Kemudian dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 0,329 (32,9%) yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi minat baca masyarakat pada Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang sebesar 32,9% sedangkan 67,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Desna Aromatica, S.AP, M.AP Nila Wahyuni, S.AP, M.AP |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Minat Baca; Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 09:32 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/474774 |
Actions (login required)
View Item |