Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Ular Tangga Edukatif dan Leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri untuk Pencegahan Anemia di SMAN 14 Padang

Pratiwi, Endah Sari (2024) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Ular Tangga Edukatif dan Leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri untuk Pencegahan Anemia di SMAN 14 Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Anemia remaja putri masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan rendahnya kesadaran tentang pencegahan anemia. Salah satu upaya yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap adalah edukasi gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi melalui media ular tangga edukatif dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri untuk pencegahan anemia di SMAN 14 Padang. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain pre-test post-test with non-equivalent control group. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei hingga Juni 2024. Sampel adalah siswa remaja putri berjumlah 66 siswa yang dibagi ke dalam 3 kelompok (ular tangga, leaflet, dan kontrol) dan diambil secara simple random sampling. Data pengetahuan dan sikap diperoleh melalui kuesioner terstruktur. Analisis data terdiri dari analisis univariat dan bivariat seperti uji paired sample t-test, uji wilcoxon, dan uji kruskall wallis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rerata pengetahuan (p-value<0,001) dan sikap (p-value <0,001) remaja putri sebelum dan setelah edukasi gizi melalui media ular tangga edukatif dan leaflet. Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap antara kelompok intervensi ular tangga edukatif dan leaflet dengan kelompok kontrol (p-value <0,001). Edukasi gizi melalui ular tangga edukatif lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap dilihat dari nilai gain ular tangga edukatif pada pengetahuan 0,9 (tinggi) dan sikap 0,4 (sedang) lebih besar dari nilai gain leaflet. Edukasi gizi melalui media ular tangga edukatif dan leaflet memberikan pengaruh terhadap perubahan pengetahuan dan sikap dengan media ular tangga lebih efektif dibandingkan media leaflet.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Nadia Chalida Nur, SKM, MPH.; Nadia Chalida Nur, SKM, MPH
Uncontrolled Keywords: Anemia; Edukasi gizi; Leaflet; Pengetahuan; Sikap; Ular tangga.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:45
Last Modified: 29 Oct 2024 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/474768

Actions (login required)

View Item View Item