HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN PERAWAT MENERAPKAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) PENCEGAHAN PASIEN JATUH DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. RASIDIN PADANG

Fajrin, Nurhasni (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN PERAWAT MENERAPKAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) PENCEGAHAN PASIEN JATUH DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Skiripsi Full Text)
SKRIPSI_FAJRIN NURHASNI_2011312048 (2).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SKRIPSI, JUNI 2024 Nama : Fajrin Nurhasni Nim : 2011312048 Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kepatuhan Perawat Menerapkan Standar Prosedur Operasional (SPO) Pencegahan Pasien Jatuh di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang ABSTRAK Pasien jatuh merupakan peristiwa yang mengakibatkan pasien secara tidak sengaja terjatuh yang menimbulkan cedera fatal dan tidak fatal. Di rumah sakit insiden jatuh merupakan penyebab kedua kematian akibat cedera yang tidak disengaja. Salah satu penyebab terjadinya kejadian jatuh di rumah sakit dikarenakan perawat belum optimal menerapkan Standar Prosedur Operasional (SPO) pencegahan pasien jatuh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan dan sikap pencegahan pasien jatuh dengan kepatuhan perawat menerapkan SPO pencegahan pasien jatuh di ruang rawat inap RSUD dr. Rasidin Padang. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan sampel 49 perawat yang melakukan asuhan keperawatan dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap pencegahan pasien jatuh serta lembar observasi SPO pencegahan jatuh RSUD dr. Rasidin Padang. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis univariat dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, didapatkan bahwa hampir setengah perawat berpengetahuan baik (49%), sebagian besar perawat bersikap positif (63,3%), dan hampir seluruh perawat tidak patuh menerapkan SPO pencegahan pasien jatuh (93,9%). Analisis bivariat pengetahuan menggunakan uji chi square didapatkan nilai p-value>0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan perawat menerapkan SPO pencegahan pasien jatuh. Analisis bivariat sikap menggunakan uji chi square didapatkan nilai p-value>0,05 yang atrinya tidak terdapat hubungan antara sikap dengan kepatuhan perawat menerapkan SPO pencegahan pasien jatuh. Diharapkan kepada rumah sakit agar memfasilitasi perawat dengan pelatihan pencegahan pasien jatuh dan penyediaan poster/ leaflet SPO pencegahan pasien jatuh agar dapat diterapkan oleh perawat. Kata kunci : Kepatuahn, Pengetahuan, Perawat, Sikap Daftar Pustaka : 87 (2009-2023)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kepatuahn, Pengetahuan, Perawat, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:49
Last Modified: 15 Aug 2024 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/474630

Actions (login required)

View Item View Item