Hubungan Pemilihan Makanan, Paparan Iklan di Media Sosial, dan Tingkat Literasi Gizi dengan Status Gizi Remaja Putri di SMPN 21 dan MTsN 4 Padang Tahun 2024

Apriola, Annisa (2024) Hubungan Pemilihan Makanan, Paparan Iklan di Media Sosial, dan Tingkat Literasi Gizi dengan Status Gizi Remaja Putri di SMPN 21 dan MTsN 4 Padang Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Masalah gizi lebih rawan terjadi pada remaja putri karena adanya fase percepatan pertumbuhan, sehingga memerlukan asupan zat gizi yang lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemilihan makanan, paparan iklan di media sosial, dan tingkat literasi gizi dengan status gizi remaja putri di SMPN 21 dan MTsN 4 Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 164 remaja putri kelas VII dan VIII di SMPN 21 dan MTsN 4 Padang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mengukur BB, TB, pengisian kuesioner, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square dan Fisher Exact. Hasil penelitian menunjukkan 80,5% remaja putri memiliki status gizi normal, 79,3% memilih makanan dengan mementingkan faktor kesehatan, 75% terpapar iklan makanan di media sosial, dan 86% memiliki tingkat literasi gizi baik. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemilihan makanan dengan status gizi remaja putri (p-value=0,581), terdapat hubungan yang signifikan antara paparan iklan dengan status gizi remaja putri (p-value=0,012), dan terdapat hubungan yang signifikan antara literasi gizi dengan status gizi remaja putri (p-value=0,020). Paparan iklan di media sosial dan tingkat literasi gizi berhubungan dengan status gizi remaja putri sedangkan, pemilihan makanan tidak memiliki hubungan yang signifikan. Diharapkan remaja lebih aktif dalam mencari informasi terkait gizi seimbang untuk meningkatkan pengetahuan sehingga lebih selektif dalam menentukan pilihan makanan serta menjaga status gizinya dalam kondisi normal.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Azrimaidaliza, SKM., MKM Nadia Chalida Nur, S.K.M., M.P.H
Uncontrolled Keywords: Literasi Gizi; Paparan Iklan di Media Sosial; Pemilihan Makanan; Status Gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:15
Last Modified: 29 Oct 2024 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/474004

Actions (login required)

View Item View Item