PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, KANDUNGAN SERAT KASAR DAN KECERNAAN SERAT KASAR DARI CAMPURAN LIMBAH BUAH DURIAN DAN AMPAS TAHU

Sutri, Ningsih (2019) PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, KANDUNGAN SERAT KASAR DAN KECERNAAN SERAT KASAR DARI CAMPURAN LIMBAH BUAH DURIAN DAN AMPAS TAHU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi dengan Lentinus edodes terhadap aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar dari campuran limbah buah durian dan ampas tahu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah lama fermentasi 5 hari,10 hari, 15 hari dan 20 hari. Parameter yang diukur adalah aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar, dan kecernaan serat kasar. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa lama fermentasi campuran limbah buah durian dan ampas tahu dengan Lentinus edodes memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar, dan kecernaan serat kasar. Dari hasil penelitian campuran limbah buah durian dan ampas tahu dengan Lentinus edodes dapat disimpulkan bahwa pada lama fermentasi 10 hari merupakan kondisi optimal dan efisien. Pada penelitian ini diperoleh aktivitas enzim selulase sebesar 1,20 U/ml, kandungan serat kasar 15,19%, dan kecernaan serat kasar 57,02%. kata kunci : Aktivitas enzim selulase, Ampas tahu, kecernaan serat kasar, Lentinus edodes, Limbah buah durian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Jul 2019 12:49
Last Modified: 23 Jul 2019 12:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47391

Actions (login required)

View Item View Item