Popi, Suci Ramadhani (2024) Pengembangan Usaha Kerupuk Kulit (Jangek) In Japang (Studi Kasus: UMKM Kerupuk Jangek In Japang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER)
Cover+abstrak.pdf - Published Version Download (485kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (377kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version Download (229kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFPUS.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (TA FULL TEXT)
TA FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kerupuk jangek merupakan camilan khas Minangkabau, Sumatera Barat, yang terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan dan dibumbui. UMKM In Japang, berlokasi di Jalan Simpang Lamang, Balai Labuah Atas, Kecamatan Lima Kaum, Kota Batusangkar, merupakan salah satu produsen kerupuk jangek. Namun, usaha ini menghadapi penurunan penjualan yang disebabkan oleh peningkatan persaingan, pemasaran yang terbatas, loyalitas pelanggan yang menurun, dan kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi bisnis baru guna meningkatkan penjualan kerupuk jangek di UMKM In Japang. Penelitian ini menggunakan metode Value Proposition Canvas (VPC) dan Business Model Canvas (BMC). Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur untuk mengidentifikasi pekerjaan, kesulitan, dan keuntungan yang diharapkan pelanggan. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis. Hasil pemetaan Business Model Canvas saat ini menunjukkan beberapa area yang memerlukan perbaikan, terutama dalam segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, aktivitas kunci, sumber daya kunci, struktur biaya, dan hubungan pelanggan. Analisis profil pelanggan mengidentifikasi pekerjaan, kesulitan, dan keuntungan spesifik yang diharapkan oleh pelanggan. Analisis SWOT mengungkapkan peluang signifikan untuk pertumbuhan bisnis dan ancaman yang perlu diatasi. Strategi bisnis yang diusulkan mencakup rekomendasi detail untuk meningkatkan proposisi nilai dan model bisnis, sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan kondisi pasar. Strategi pengembangan usaha alternatif lain berupa penerapan perluasan skala usaha dengan bentuk bisnis baru, yaitu berfokus pada proses packaging dan penjualan dalam pasar yang lebih besar dibandingkan pasar sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Wisnel, S.T,M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Business Model Canvas, Kerupuk Jangek, Pengembangan Usaha, Strategi, Value Proposition Canvas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 08:15 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 08:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473378 |
Actions (login required)
View Item |