Kaji Eksperimental Pergeseran Frekuensi Pribadi untuk Meningkatkan Kekakuan pada Sayap Pesawat Tanpa Awak Jenis Fixed Wing Tipe Skywalker

Syofyan, Alrisandi (2024) Kaji Eksperimental Pergeseran Frekuensi Pribadi untuk Meningkatkan Kekakuan pada Sayap Pesawat Tanpa Awak Jenis Fixed Wing Tipe Skywalker. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Flutter didefinisikan sebagai fenomena resonansi getaran pada struktur yang mengakibatkan konstruksi seakan-akan mengepak seperti sayap burung. Fenomena struktur ini juga terjadi pada konstruksi sayap pesawat tanpa awak karena adanya interaksi antara pembebanan dinamik benda kaku dan modus getar struktural dengan aliran fluida yang melewatinya. Jika struktur sayap dikenai pembebanan dinamik sampai mendekati pada frekuensi pribadinya maka akan terjadi fenomena flutter atau resonansi getaran. Resonansi ini dapat merusak konstruksi sayap dikarenakan struktur sayap akan mengalami kelelahan sampai pada keadaan fatigue-nya jika hal ini terjadi secara terus-menerus dan amplitudo getaran yang dihasilkan semakin meningkat. Untuk mengatasi kondisi ini maka dilakukanlah penambahan spar pengaku pada konstruksi pesawat sehingga frekuensi pribadi pada struktur dapat ditingkatkan. Penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa pemberian spar pengaku dapat meningkatkan frekuensi pribadi pesawat tanpa awak tanpa mengubah massa secara signifikan. Penelitian ini, dilakukan untuk memperoleh pergeseran frekuensi pribadi dengan memodifikasi posisi peletakan spar 15 mm, 25 mm, 35 mm dan 45 mm simetris terhadap CG. Variasi dimensi panjang spar 60 mm dan 100 mm dalam struktur sayap pesawat AFRG 019. Pengujian dilakukan secara simulasi melalui software MSC Nastran/Patran dan validasi secara experimental modal analysis pada struktur yang mengalami pergeseran frekuensi pribadi optimal pada simulasi menggunakan alat impact hammer. Spar yang digunakan berjumlah dua buah dengan profil penampang hollow persegi ukuran 10 x 10 mm ketebalan 0,7mm. Pada Tugas Akhir ini diperoleh variasi posisi peletakan spar 45 mm simetris terhadap CG pada panjang spar 100 mm memiliki pergeseran frekuensi pribadi tertinggi. Variasi posisi mampu menggeser frekuensi pribadi pada modus getar ke-2 sampai modus getar ke-5, sedangkan variasi dimensi spar dalam stuktur sayap mampu menggeser frekuensi pribadi 5 modus getar pertama. Validasi data secara eksperimental terhadap data simulasi berada pada error dibawah 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Lovely Son
Uncontrolled Keywords: flutter, spar pengaku, frekuensi pribadi, amplitudo, kekakuan, respon getaran, nodal
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:36
Last Modified: 12 Aug 2024 06:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473282

Actions (login required)

View Item View Item