Studi Karakteristik Pengendara Sepeda Motor Dibawah Umur Di Kota Padang

Alan, Delon (2019) Studi Karakteristik Pengendara Sepeda Motor Dibawah Umur Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V (Saran dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Full-Ta.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Banyaknya jumlah penduduk di Kota Padang dapat menyebabkan bertambahnya jumlah pengendara terutama pengendara sepeda motor di Kota Padang. Meningkatnya jumlah pengendara, dapat menimbulkan banyak masalah seperti kecelakaan. Banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan yang terjadi, umumnya faktor tersebut diakibatkan oleh manusia itu sendiri (human error). Perilaku saat berkendara dan tingkat kesadaran taat peraturan kurang dikalangan pengendara, terutama pengendara usia sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik pengendara sepeda motor berdasarkan karakteristik mental yang mencakup emosi, pengetahuan, kecakapan saat berkendara sepeda motor, dan pemahaman makna rambu lalu lintas. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan data hasil kuesioner pada 100 siswa/siswi sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) dengan usia dibawah 17 tahun di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai setiap responden di beberapa lokasi seperti sekolah, tempat makan, dan pusat bimbingan belajar. Survey dilakukan dari tanggal 11 Maret hingga 27 Maret 2019. Hasil analisis menunjukkan persentase pengguna sepeda motor antara laki-laki dan perempuan seimbang yakni 50%, responden cenderung belum memiliki SIM C dengan persentase 85%, dan sebanyak 41% dari responden pernah mengalami kecelakaan dalam satu tahun terakhir. Tingkat emosi yang dimiliki responden berada pada kriteria stabil dengan rata-rata persentase point 79,05%. Tingkat pengetahuan responden akan peraturan saat mengendarai berada pada kriteria baik dengan rata-rata persentase point 79,60% , dan tingkat kecakapan responden mengendarai sepeda motor berada pada kriteria stabil dengan rata-rata persentase point 74,15%. Persentase responden menjawab benar mengenai pengetahuan akan makna rambu jika di rata-ratakan sebesar 84%. Dapat disimpulkan setiap responden menjawab 3 salah dalam 15 pertanyaan. Mengurangi tingkat kecelakaan pada anak dibawah umur dapat dimulai dengan membekali pengetahuan dan kecakapan yang memadai dalam mengendarai sepeda motor , serta melakukan penindakan hukum yang tegas oleh pihak berwajib untuk setiap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh setiap pengguna jalan. Kata kunci: Human Error, Kecakapan, Mental, Pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnawan, PhD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 23 Jul 2019 11:46
Last Modified: 23 Jul 2019 11:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47305

Actions (login required)

View Item View Item