Hubungan Bauran Pemasaran Jasa dengan Tingkat Kepuasan Pasien pada Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Aisyiah Padang

Ninda, Dwi Fera (2024) Hubungan Bauran Pemasaran Jasa dengan Tingkat Kepuasan Pasien pada Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Aisyiah Padang. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
File 1 Tesis - Dwi Fera Ninda.pdf - Published Version

Download (802kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
File 2 Tesis - Dwi Fera Ninda.pdf - Published Version

Download (590kB)
[img] Text (BAB VII PENUTUP)
File 3 Tesis - Dwi Fera Ninda.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 4 Tesis - Dwi Fera Ninda.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS DWI FERA NINDA 2020322018 Full Final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Bauran pemasaran jasa pada Poliklinik Rawat Jalan RSU Aisyiah Padang masih mengalami permasalahan yang tergambar dari penurunan jumlah pasien pada tahun 2018-2022. Penurunan jumlah pasien menggambarkan adanya masalah pada kepuasan pasien rumah sakit. Hal ini membuktikan adanya hubungan antara bauran pemasaran jasa dengan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden, distribusi frekuensi bauran pemasaran jasa dan tingkat kepuasan pasien, hubungan bauran pemasaran jasa dengan tingkat kepuasan pasien dan mengetahui faktor paling dominan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Bauran pemasaran adalah inti dari setiap aktivitas pemasaran. Bauran pemasaran jasa rumah sakit terdiri dari elemen-elemen yang dapat dikendalikan oleh suatu rumah sakit untuk mempengaruhi dan memuaskan pelanggan/ pasien. Desain penelitian adalah cross sectional dengan sampel 100 orang responden yang merupakan pasien atau keluarga pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diambil dengan teknik consecutive sampling, kemudian dilakukan analisa univariat, bivariat dan multivariat. Penelitian menunjukkan mayoritas responden menilai bauran pemasaran jasa kurang baik: produk (84%), tempat (64%), promosi (90%), SDM (65%), proses (76%) dan bukti fisik (91%), adanya hubungan antara bauran pemasaran jasa dengan tingkat kepuasan pasien, variabel yang paling berpengaruh adalah bauran bukti fisik. Perbaikan yang dapat dilakukan terhadap bauran bukti fisik adalah dengan menambah lokasi parkiran yang dekat dengan rumah sakit, memajang penghargaan yang diraih dokter dan sertifikat yang dimenangkan rumah sakit, memperbaiki desain interior ruang pelayanan dan ruang tunggu dengan menambah jumlah tempat duduk dan petunjuk arah/informasi, memperbaiki dan menjaga kebersihan toilet, membuat ruang tunggu yang kedap suara, menambah lampu untuk pencahayaan dan memperbaiki ventilasi ruangan dengan memasang exhaust fan.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr. dr. Hafni Bachtiar. MPH., FISPH, FISCM; Dr. Verinita, SE., MSi
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran Jasa; Kepuasan Pasien; Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:46
Last Modified: 29 Nov 2024 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/472993

Actions (login required)

View Item View Item