KAJIAN PERBEDAAN QUALITY OF LIFE PADA PASIEN STROKE ISKEMIK YANG MENGGUNAKAN STATIN DAN NON STATIN DI POLI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI

Winny, Rhamadani (2019) KAJIAN PERBEDAAN QUALITY OF LIFE PADA PASIEN STROKE ISKEMIK YANG MENGGUNAKAN STATIN DAN NON STATIN DI POLI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stroke dapat mempengaruhi kehidupan pasien dalam berbagai aspek seperti fisik, emosional, psikologis, kognitif, dan sosial. Instrumen Stroke Spesific Quality ofLife (SS-QoL) merupakan penilaian HRQoL pertama yang dibuat untuk menangkap semua domain penting pada pasien stroke. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan Quality of Life pada pasien stroke iskemik yang menggunakan statin dan non statin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dantelah dilakukan pada bulan Desember 2018 sampai April 2019 yang dilakukan di Poli Rawat Jalan RS Stroke Nasional Bukittinggi. Sebanyak 242 pasien stroke iskemik berpartisipasi pada penelitian ini. Data demografis dan kualitas hidup pasien diperoleh dari rekam medis dan wawancara. Uji Chi Square digunakan untuk menganalisis kualitas hidup pasien stroke dengan tingkat kepercayaan 95%. Terdapat pengaruh antara jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan,banyakkontrol, pola peggunaan obat, tekanan darah dan kadar kolesterol total dengan kualitas hidup pasien stroke iskemik (p<0,05). Tidak terdapat pengaruh antara kelompok umur, status pernikahan, penyakit penyerta, kadar HDL, kadar LDL, kadar trigliserida dan status pembiayaan pengobatan dengan kualitas hidup pasien stroke iskemik (p>0,05). Secara keseluruhan kualitas hidup pasien stroke iskemik di RS Stroke Nasional Bukittinggi memiliki kualitas hidup yang baik. Domain yang dipengaruhi dan dapat memperbaiki kualitas hidup pasien yang menggunakan statin yaitu domain melakukan berbagai hal untuk keluarga serta domain yang dapat memperburuk kualitas hidupnya yaitu domain melakukan berbagai hal untuk teman. Domain yang dipengaruhi dan dapat memperbaiki kualitas hidup pasien yang menggunakan non statin yaitu domain pengelihatan serta domain yang dapat memperburuk kualitas hidupnya yaitu domain cara berjalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. (Clin Pharm) Dedy Almasdy, M.Si, Apt
Uncontrolled Keywords: Stroke Iskemik, Quality of Life, Statin, SS-QoL (Stroke Specific Quality of Life)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 23 Jul 2019 14:31
Last Modified: 21 Nov 2022 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47292

Actions (login required)

View Item View Item