Hubungan Self Esteem dengan Academic Burnout pada Siswa MAN 2 Kota Padang

Nadya, Maharani (2024) Hubungan Self Esteem dengan Academic Burnout pada Siswa MAN 2 Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI NADYA MAHARANI 2024.ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Self esteem komponen penting dalam kesejahteraan psikologis yang memainkan peran signifikan dalam membentuk pengalaman akademik dan hasil belajar remaja. Academic burnout yang ditandai dengan kelelahan emosional, sikap sinis, dan penurunan efikasi akademik, semakin umum terjadi di kalangan siswa yang menghadapi tekanan akademik. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui rerata dan hubungan self esteem dengan academic burnout. Desain penelitian korelasi pearson dan pendekatan cross sectional dengan alat ukur kuesioner Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) dan kuesioner Rosenberg Self esteem Scale (RSES). Sampel penelitian 253 siswa MAN 2 Kota Padang dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rerata self esteem 31.61 dalam kategori sedang, rerata academic burnout 39.51 dalam kategori rendah, didapatkan nilai p value 0,00 < 0,05 yang berarti adanya hubungan, nilai (r) -0,488 yaitu kekuatan korelasi sedang dengan arah negatif yang artinya, semakin tinggi skor self esteem, maka semakin rendah skor academic burnout. Implikasi dari temuan ini menyarankan pentingnya memupuk self esteem yang sehat di kalangan siswa remaja untuk mengurangi risiko academic burnout. Institusi pendidikan didorong untuk menerapkan intervensi yang mempromosikan mengenai LBO (Learning Burn-Out) serta psikoeduedukasi “believe in yourself” dalam memanfaatkan pembelajaran bimbingan Konseling untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang self esteem dan academic burnout

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp, MA
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Academic Burnout, Siswa Remaja, Tuntutan Akademik, Kesejahteraan psikologi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:16
Last Modified: 01 Aug 2024 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/471837

Actions (login required)

View Item View Item