Farhan, Amran (2024) Tanggung Jawab PT.Mahkota Sentosa utama Dalam Terjadinya Wanprestasi Jual Beli Apartemen Meikarta Cikarang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (Bab Akhir)
Bab Akhir Farhan.pdf - Published Version Download (69kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Farhan.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi Full_merged.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mewujudkan hunian layak diperkotaan sangatlah sulit karena terbatasnya lahan. Solusinya pemerintah mencanangkan hunian vertical bersubsidi yang dikenal sebagai rumah susun rusun). Kebijakan pemerintah itu didukung oleh Lippo Group melalui anak usahanya PT. Mahkota Sentosa Utama menghadirkan Apartemen Meikarta sebagai hunian dengan konsep modern layaknya kota masa depan dan janji serah terima unit cepat. Sayangnya perizinan belum tuntas sudah dipasarkan, pembangunan tersendat konsumen protes karena serah terima unit tak kunjung terlaksana. PT. Mahkota Sentosa Utama yang membangun Apartemen Meikarta diduga telah melakukan qanprestasi. 1. Apakah penyebab terjadinya wanprestasi dalam jual beli unit Apartemen Meikarta antara konsumen dengan PT. Mahkota Sentosa Utama, 2. Bagaimana tanggung jawab PT. Mahkota Sentosa Utama sebagai pengembang Apartemen Meikarta yang terlambat menyerahkan unit kepada konsumen, 3. bagaimana penyelesaian sengketa dalam terjadinya wanprestasi jual beli Apartemen Meikarta Cikarang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, dari hasil penelitian lapangan diketahui bahwa rumitnya mengurus IPPT berdampak kaburnya investor dan terhentinya proyek Meikarta sehingga serah terima unit terlambat dari tenggat waktu yang ditentukan dalam konfirmasi pesanan. PT. Mahkota Sentosa Utama bertanggung jawab dan berkomitmen untuk melakukan serah terima unit secara bertahap kepada pemesan sampai pada 2027 mengacu kepada putusan perdamaian untuk menjamin terpenuhinya hak konsumen. Proposal perdamaian atau homologasi merupakan penyelsaian sengketa wanprestasi pada kasus Meikarta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Hj.Ulfanora,S.H.,M.H Upita Anggunsuri, S.H.,M.H |
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Wanprestasi, Jual Beli Apartemen Meikarta |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 05:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 05:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470091 |
Actions (login required)
View Item |