PENERAPAN SANKSI ADMINISTRATIF KEPADA PEGAWAI NEGERI SIPIL YANG MELALUKAN PELANGGARAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA MAL PELAYANAN PUBLIK DKI JAKARTA

Alvi Putra, Ramadika (2024) PENERAPAN SANKSI ADMINISTRATIF KEPADA PEGAWAI NEGERI SIPIL YANG MELALUKAN PELANGGARAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA MAL PELAYANAN PUBLIK DKI JAKARTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sanksi administrasi terhadap pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil pada Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta. Berdasarkan hasil laporan mengenai keluhan masyarakat mengenai kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan di Mal Pelayanan DKI Jakarta, yaitu seperti masih ditemukannya pegawai yang tidak ada di loket atau gerai pelayanan saat jam kerja dan kurang ramahnya pegawai dalam melayani masyarakat. Berangkat dari temuan tersebut tulisan ini akan menjelaskan dua pokok permasalahan, yaitu (1) Bagaimana bentuk-bentuk pelanggaran yang terjadi di dalam Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta? (2) Bagaimana penerapan sanksi administrasi terhadap pelanggaran disiplin pegawai negeri sipil pada Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis dan bersifat deskriptif, jenis data yang digunakan ialah data primer dari Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta, berupa wawancara dan hasil pengolahan data primer. Data sekunder data yang diperoleh penulis dari bahan-bahan bacaan, di dalam data sekunder, dapat digolongkan menjadi 3 yakni: bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian di Mal Pelayana Publik DKI Jakarta dengan cara wawancara dan studi dokumen. Hasil Penelitian ini, sejak berdirinya Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta pada tahun 2017 hanya terdapat 2 pelanggaran disiplin pegawai yang pernah terjadi di dalam lingkungan Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta. Bentuk pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran disiplin terhadap Tata Tertib Penyelenggaraan Operasional Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta yaitu, pelanggaran terhadap waktu pelaksanaan operasional dan pelanggaran terhadap standar sikap pelayanan serta penerapan sanksi administrasi terhadap pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil pada Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta dalam kasus pelanggaran tata tertib operasional penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik yang dilakukan oleh pegawai suatu organisasi penyelenggara atau instansi pelayanan publik di dalam lingkungan Mal Pelayanan Publik sepenuhnya dilakukan oleh organisasi penyelenggara pelayanan publik atau instansi terkait. Sanksi administrasi yang diberikan kepada pegawai organisasi penyelenggara pelayanan publik atau instansi yang melakukan pelanggaran berupa hukuman disiplin ringan berupa pemberian teguran secara lisan kepada pegawai yang telah melakukan pelanggaran. Kata Kunci: Sanksi Administrasi, Pelanggaran Disiplin, Mal Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hengki Andora, S.H., L.L.M Hendria Fithrina, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:15
Last Modified: 07 Jun 2024 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470086

Actions (login required)

View Item View Item