TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT ATAS WANPRESTASI DALAM PENGIRIMAN PAKET BARANG MELALUI DARAT (Studi Kasus CV. Aison Express Pekanbaru)

Putri, Nadila Vania (2024) TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT ATAS WANPRESTASI DALAM PENGIRIMAN PAKET BARANG MELALUI DARAT (Studi Kasus CV. Aison Express Pekanbaru). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
VANIA SCHOLAR_removed.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
VANIA SCHOLAR_removed (1).pdf

Download (278kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
VANIA SCHOLAR_removed (2).pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
VANIA SCHOLAR_removed (3).pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Skripsi full text)
VANIA SCHOLAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan zaman mengakibatkan dampak positif salah satunya yaitu kemajuan teknologi informasi sehingga berlangsung cepat, dengan demikian dunia tidak memiliki batasan serta perkembangan tersebut menimbulkan interaksi serta efisiensi, salah satunya dalam pekerjaan maupun menggunakan jasa. Di Indonesia pengiriman barang sudah banyak dilakukan guna efisiensi waktu serta terdapat perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan salah satunya adalah CV. Aison Express Pekanbaru, dalam prosesnya tidak dipungkiri akan adanya kesalahan dalam pengiriman barang seperti barang yang dikirim hilang, barang yang dikirim rusak bahkan terlambat yang tentunya menimbulkan kerugian sehingga dalam hal ini mengkaji terkait tanggung jawab perusahan pengiriman terhadap kerugian yang diderita oleh konsumen dalam pengiriman barang dengan studi kasus di CV. Aison Express Pekanbaru. Sehingga penulis menarik rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Apa bentuk wanprestasi dalam pengangkut barang pada CV. Aison Express Pekanbaru? 2. Apa upaya hukum yang dapat ditempuh oleh konsumen untuk mendapatkan ganti rugi atas wanprestasi pada CV. Aison Express Pekanbaru? 3. Bagaimana tanggung jawab CV. Aison Express Pekanbaru atas wanprestasi pada pelayanan jasa pengiriman barang kepada konsumen? Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitis dan pendekatan yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk wanprestasi yang terdapat di CV. Aison Express Pekanbaru adalah kehilangan, kerusakan, serta keterlambatan dalam pengiriman barang, kemudian upaya yang dilakukan oleh konsumen untuk menuntut ganti kerugian terdapat dua macam yaitu litigasi dan non litigasi akan tetapi konsumen memilih untuk menyelesaikannya secara non litigasi dikarenakan jika menempuh jalur pengadilan maka akan mengeluarkan biaya yang besar serta ketidak efisiennya waktu penyelesaian, selanjutnya bentuk tanggung jawab CV. Aison Express Pekanbaru yaitu dengan mengganti sebagian maupun seluruh kerugian serta hanya mengganti rugi setara dengan harga ongkir pengiriman, selain itu konsumen berupaya untuk meminta pertanggung jawaban serta meminta informasi yang jelas terhadap kerugian yang diderita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengangkutan, Tanggung Jawab, CV. Aison Express Pekanbaru
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:44
Last Modified: 07 Jun 2024 02:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470071

Actions (login required)

View Item View Item