Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Remisi Epilepsi Anak Berdasarkan The Nova Scotia Scoring System Yang Dimodifikasi

Lestry, Fibriani (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Remisi Epilepsi Anak Berdasarkan The Nova Scotia Scoring System Yang Dimodifikasi. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I.Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII.Kesimpulan dan Saran)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang. Epilepsi merupakan kelainan kronik neurologis yang terjadi pada sebagian besar populasi anak hingga dewasa. Tujuan akhir tatalaksana epilepsi adalah tercapainya resolusi komplit kejang tanpa pengobatan. Prediksi remisi saat awal diagnosis membantu tatalaksana yang lebih baik dan memberikan gambaran perjalanan epilepsi pada orangtua. Terdapat suatu sistem skoring untuk prediksi remisi epilepsi anak, yaitu The Nova Scotia Scoring System. Melalui skor tersebut, dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi remisi epilepsi pada anak. Tujuan Penelitian. Mengetahui karakteristik pasien epilepsi, proporsi pasien epilepsi, angka kejadian remisi epilepsi berdasarkan The Nova Scotia Scoring System yang dimodifikasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi remisi pada epilepsi anak. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif yang dilakukan di Poliklinik Anak RSUP Dr.M.Djamil Padang pada Januari 2018–Maret 2019. Seluruh pasien epilepsi yang memenuhi kriteria inklusi dikumpulkan data mengenai jenis kelamin, usia pertama kejang, jenis kejang, dan dilakukan penghitungan skoring untuk melihat kejadian remisi pada 6 dan 12 bulan. Analisis statistik dilakukan untuk menilai faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian remisi epilepsi anak. Hasil Penelitian. Terdapat 61 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki , usia terbanyak adalah 1-5 tahun, jenis kejang terbanyak adalah kejang umum. Sebagian besar (>60%) mengalami remisi pada 6 dan 12 bulan. Skor remisi pada 6 dan 12 bulan terbanyak yaitu ≥ 384. Tidak terdapat hubungan bermakna (p>0.05) faktor-faktor yang mempengaruhi remisi epilepsi pada The Nova Scotia Scoring System yang dimodifikasi. Kesimpulan. Pada penelitian ini, tidak terdapat hubungan bermakna faktor-faktor yang mempengaruhi remisi epilepsi yaitu jenis kelamin, usia pertama kejang, jenis kejang, riwayat kejang neonatus, jumlah kejang sebelum pengobatan. Kata Kunci epilepsi, faktor remisi, The Nova Scotia Scoring System yang dimodifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr.Iskandar Syarif, SpA(K)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 22 Jul 2019 12:23
Last Modified: 22 Jul 2019 12:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46982

Actions (login required)

View Item View Item