PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP,DAN KEMAMPUAN IBU MERAWAT BALITA PNEUMONIA DI KELURAHAN KAPALO KOTO WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG TAHUN 2019

Hasnatul, Sadiyah (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP,DAN KEMAMPUAN IBU MERAWAT BALITA PNEUMONIA DI KELURAHAN KAPALO KOTO WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Skripsi Full Text Hasna.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pneumonia menjadi penyebab kematian nomor dua pada anak di Indonesia. Faktor paling penting yang dapat meningkatkan anak berisiko mengalami pneumonia adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu tentang pencegahan pneumonia. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi faktor risiko dengan memberikan edukasi kepada ibu melalui pendidikan kesehatan yang dapat menimbulkan kesadaran ibu untuk berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap, dan kemampuan ibu merawat balita pneumonia. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah ibu-ibu yang memiliki balita dengan riwayat pneumonia yang berjumlah 16 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data pengetahuan dan sikap menggunakan kuesioner, sedangkan kemampuan ibu merawat balita pneumonia menggunakan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji paired t-test dan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa rata-rata pengetahuan ibu sebelum intervensi adalah 53.75 setelah intervensi meningkat menjadi 91.25. Rata-rata sikap ibu sebelum intervensi adalah 29.63 setelah intervensi meningkat menjadi 35.44. Rata-rata kemampuan ibu merawat balita pneumonia sebelum intervensi adalah 52.08 setelah intervensi meningkat menjadi 85.94. Analisis lanjutan terdapat adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dengan nilai p value = 0.000, sikap dengan nilai p value = 0.001, dan kemampuan ibu merawat balita pneumonia dengan nilai p value = 0.000. Pendidikan kesehatan dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi dalam pencegahan pneumonia pada balita di pelayanan kesehatan. Kata kunci : pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, kemampuan ibu merawat balita, pneumonia Daftar Pustaka : 53 (2010-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Hermalinda, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, kemampuan ibu merawat balita, pneumonia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Jul 2019 09:10
Last Modified: 22 Jul 2019 09:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46904

Actions (login required)

View Item View Item