Zulfianti, Fathia (2024) Analisis Penyebab Pending Claim Berkas Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Unit Rawat Inap di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2023. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Fathia Zulfianti 2111216002.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 Fathia Zulfianti 2111216002..pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir Fathia Zulfianti 2111216002.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Fathia Zulfianti.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Fathia Zulfianti_2111216002.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 4 June 2025. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian: Pending claim berkas JKN RSUP Dr. M. Djamil Padang banyak dialami oleh unit rawat inap (3%) periode I tahun 2023. Tujuan penelitian untuk menggali informasi mengenai penyebab pending claim berkas klaim JKN unit rawat inap di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2023. Metode: Kualitatif dengan desain studi kasus menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian berjumlah 6 orang. Validasi data dengan teknik analisis triangulasi sumber dan metode. Hasil: Penyebab pending claim dari tenaga disebabkan human error. SPO disebabkan pengajuan yang tidak bisa sama setiap bulannya, kelengkapan pengumpulan dokumen, dan penumpukan berkas di akhir bulan. Sarana disebabkan karena jaringan yang bermasalah dan sistem aplikasi mengalami trouble. Bahan disebabkan oleh ketidaklengkapan berkas. Verifikasi pelayanan kesehatan disebabkan oleh ketidaklengkapan pada resume medis. Pemberian kode dan entri data disebabkan oleh human error, tulisan diagnosa dan singkatan yang kurang jelas, dan ketidaktepatan kode. Pengajuan klaim disebabkan oleh verifikator medis seperti ketidaksesuaian kode diagnosa dan kasus medis. Kesimpulan: Penyebab pending claim adalah ketidaklengkapan pemberkasan klaim. Diharapkan BPJS Kesehatan dan pihak rumah sakit memberikan sosialisasi kepada tenaga secara rutin terkait pedoman INA-CBG’s untuk membangun komitmen dan kepedulian SDM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ch. Tuty Ernawati, SKM., M.Kes.; Shelvy Haria Roza, SKM., M.Kes. |
Uncontrolled Keywords: | Jaminan Kesehatan Nasional; pending claim; rumah sakit; rawat inap |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 08:56 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:04 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/468840 |
Actions (login required)
View Item |